Wuling Kenalkan Komponen Rem Tromol Mobil, Cara Kerja, Pengertian dan Fungsinya

Wuling Kenalkan Komponen Rem Tromol Mobil, Cara Kerja, Pengertian dan Fungsinya

Wuling kenalkan komponen rem tromol mobil beserta cara kerja, pengertian dan fungsinya.-Wuling-

- Uni Servo

Pada rem tromol tipe uni servo, cara kerjanya hampir sama dengan leading and trailing shoes, dengan perbedaan pada kelengkapan komponen 1 silinder roda yang punya 1 piston.

Walau begitu, 1 piston bisa menggerakkan 2 sepatu rem bersamaan. Ini bisa terjadi karena penyetel di bagian bawah dalam keadaan mengambang atau gak dibaut ke backing plate. Penyetel ini bisa bergerak ke kiri dan kanan.

Prinsip kerjanya ialah saat ada tekanan hidrolik, piston akan menekan salah satu sepatu rem. Bila sepatu rem nempel pada permukaan tromol, maka tekanan berlanjut ke bagian bawah sepatu rem. Tekanan akan diteruskan ke sepatu rem lainnya karena posisi penyetel mengambang.

- Dual Servo

Tipe rem tromol dual servo hampir sama dengan tipe uni servo yang punya floating adjuster. Bedanya, tipe ini punya silinder roda tunggal dengan 2 piston. 

Bila dilihat sekilas, tipe rem ini akan tampak seperti tipe leading and trailing shoes. Kenyataannya enggak.

Kelebihan dari tipe ini ialah tak adanya bantalan brake yang menggantung atau alami keausan yang tak merata pada kampas rem.

Alasannya tekanan yang diberikan kepada kedua sepatu rem merata ke permukaan kanvas. Penyebabnya karena posisi adjuster dengan fungsi tumpuan bisa bergerak bebas.

- Dual Fixed Cylinder

Tipe rem ini hampir sama dengan single leading shoes tetapi pergerakan sepatu rem bisa digerakkan menyeluruh.

Artinya, ketika menginjak pedal rem, semua permukaan kampas rem akan menempel secara sempurna pada permukaan tromol. 

Ini terjadi karena ada 2 roda silinder dengan 2 piston, sehingga saat ada tekanan hidrolik keempat piston akan menekan keempat ujung sepatu rem bersamaan. Ini membuat daya pengereman jadi lebih kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: