Update Bencana Alam di Tasikmalaya: 6 Rumah Rusak, 2 Orang Meninggal Dunia

Update Bencana Alam di Tasikmalaya: 6 Rumah Rusak, 2 Orang Meninggal Dunia

BPBD Kabupaten Tasikmalaya saat memberishkan material longsor yang menutup jalan di Desa Cisempur, Jumat 9 Juni 2023. istimewa--

Update Bencana Alam di Tasikmalaya: 6 Rumah Rusak, 2 Orang Meninggal Dunia

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tasikmalaya pada Kamis 8 Juni 2023 sore hingga Jumat 9 Juni 2023, menyebabkan bencana longsor dan banjir.

Setidaknya ada enam titik di bencana terjadi di 3 kecamatan yakni Cibalong Karangnunggal, Bantarkalong dan Cikatomas.

Akibat bencana tersebut selain kerugian material, juga merenggut nyawa pasangan suami-istri.

BACA JUGA:Kata Dedi Mulyadi, Prabowo Harus Jadi Presiden

Ketua PK Tagana Kabupaten Tasikmalaya, Jembar Adisetia mengutarakan, berdasarkan data yang masuk bencana kemarin mengakibatkan lima rumah warga rusak, akses jalan tertutup bahkan ada dua orang meninggal dunia. 

"Bencana banjir dan longsor di Kecamatan Karangnunggal, longsor menutup jalan dan pergerakan tanah di Kecamatan Cibalong serta longsor di Kecamatan Cikatomas," katanya kepada radartasik.com, Sabtu 10 Juni 2023.

Jembar pun mengimbau kepada warga untuk selalu waspada dan hati-hati, terutama bagi mereka yang tinggal di lereng bukit serta rumah yang berada di bawah tebing.

“Kami imbau warga tetap waspada. Dan tidak lupa melapor ke kami jika terjadi bencana,” terangnya.

BACA JUGA:Tipikal Playmaker Hebat, Gelandang Pinjaman Persib Bertubuh Mungil dan Berskill Tinggi, Ini Dia Sosoknya

Sementara itu Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Kurnia Trisna Somanteri menuturkan, akibat hujan deras itu memang menyebabkan terjadinya bencna di beberapa titik, bahkan menyebakan korban jiwa.

"Karena memang intensitas hujan yang cukup tinggi malam itu (Kamis 8 Juni 2023 malam, Red)," tuturnya.

Berdasarkan laporan yang diterima BPBD pada Jumat tanggal 9 Juni 2023 itu, setidaknya ada 4 kecamatan yang yakni Cibalong, Desa Cisempur diterjang longsor menutupi akses jalan.

Kemudian di Kecamatan Bantarkalong, Desa Parakanhonje, longsor bebatuan mengikis Jembatan Simpang Murni. Di Kecamatan Karangnunggal, Desa Wangunwati dan Cintawangi longsor menutup akses jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: