Mengenal Jenis Shockbreaker Belakang Sepeda Motor

Mengenal Jenis Shockbreaker Belakang Sepeda Motor

Mengenal shockbreaker motor Honda.-Foto: istimewa-

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Seperti yang yang kita ketahui, jika suspensi memiliki peranan penting pada semua jenis kendaraan.

Selain memiliki jok yang empuk, komponen yang mendukung kenyamanan pada sepeda motor adalah suspensi atau biasa disebut sebagai shockbreaker yang memiliki fungsi yaitu menopang beban sepeda motor dan pengendara serta meredam getaran dan hentakan dari permukaan jalan.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman mengatakan, Ada dua posisi letak shockbreaker pada sepeda motor, diantaranya shockbreaker bagian depan dan belakang.

Perlu diketahui selain ada beberapa jenis shockbreaker bagian depan, shock breaker bagian belakang juga ada beberapa jenis yang wajib diketahui serta fungsinya.

BACA JUGA:Siap-siap! Besok Keberangkatan Mudik Balik Gratis Naik Kapal Laut Gelombang 2, Jangan Sampai Ketinggalan

Berikut beberapa jenis shockbreaker belakang sepeda motor :

1. Suspensi Belakang Ganda

Shock breaker jenis ini sangat umum digunakan pada model lawas, seperti Honda Tiger, Mega Pro dan semua jenis motor bebek.

Untuk saat ini hanya di beberapa produk saja yang mengaplikasikannya seperti Honda CB150 Verza, skutik besar seperti PCX160 dan ADV160 dan semua jenis motor bebek seperti Honda Revo series dan Honda Supra-X 125R.

Memiliki nama lain Dual Shock dual swing arm, dimana shockbreaker ini berdiri secara vertikal diatas dua buah swing arm yang mengapit ban belakang. Terkadang untuk menambah performa dan meningkatkan fungsi terdapat fitur sub tank reservoir dan juga pengatur ketinggian untuk kenyamanan.

BACA JUGA:Tanjungsari ke Sumedang Via Tol Cisumdawu 15 Menit, Kalau Lewat Cadas Pangeran 54 Menit

2. Suspensi Belakang Tunggal.

Lebih populer dengan nama suspensi Monoshock dan hampir digunakan pada semua produk sepeda motor saat ini, baik itu produk skutik maupun motor sport. Suspensi jenis ini terbagi lagi dalam beberapa tipe dan model, diantaranya :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: