Sambut Mudik Lebaran, Petugas Gabungan Kota Tasik Ram Check Kelayakan Bus, Sopir Jalani Tes Urine

Sambut Mudik Lebaran, Petugas Gabungan Kota Tasik Ram Check Kelayakan Bus, Sopir Jalani Tes Urine

Petugas gabungan Kota Tasik yakni Satlantas Polres Tasikmalaya Kota dan Dishub ram check kelayakan bus saat inspeksi keselamatan sambut mudik Lebaran, Senin 10 April 2023.-Istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Sambut mudik Lebaran, petugas gabungan Kota Tasik yakni Satlantas Polres Tasikmalaya Kota dan Dishub (Dinas Perhubungan) ram check kelayakan bus saat inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum. 

Ramp check kelayakan bus ini untuk memastikan kondisi kendaraan angkutan umum yang membawa pemudik --salah satunya bus—mendapat predikat laik jalan. Sehingga Ramp check kelayakan bus dilakukan petugas gabungan ke setiap Perusahaan Otobus (PO), Senin 10 April 2023.

Petugas gabungan Satlantas Polres Tasikmalaya Kota dan Dishub memeriksa satu persatu mulai dari kelengkapan teknis hingga kelengkapan secara administrasi. 

Kasat Lantas Polres Tasikmalaya Kota, AKP Tejo Reno Indratno melalui Kanit Kamsel Satlantas Polres Tasikmalaya Kota, Ipda Yudi mengatakan, objek pemeriksaan lebih rinci seperti sistem alat kemudi, sistem penerangan, fasilitas tanggap darurat, perlengkapan kendaraan bermotor, badan kendaraan berikut komponen pendukung.

BACA JUGA:Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023, Polres Tasik Bikin Skema Rekayasa Lalu Lintas Pusat Kota Singaparna

"Ya untuk administratif kita periksa surat-surat kendaran yaitu masa berlaku buku uji, STNK, nomor rangka dan kesesuain DWP," paparnya kepada wartawan.

Tak hanya itu, petugas juga memastikan kelengkapan syarat pengemudi atau sopir. Yakni kesehatan para pengemudi dan sopir jalani tes urine dilaksanakan bersama Badan Narkotika Nasional (BNN).

"Kita kerja sama dengan BNN. Ada tes urine. Selain kendaraannya, pengemudinya juga harus siap. Kendaraannya laik jalan dan pengemudi siap fisik dan mental," terangnya.

Jika semua komponen pemeriksaan sudah terpenuhi, kendaraan mendapat predikat lulus kelayakan dari Dishub.

BACA JUGA:Alasan Mudik Lewat Tol Cisumdawu Tidak Boleh Lebih Jam 3 Sore

Hal ini dilakukan untuk memastikan seluruh kendaraan yang digunakan PO laik jalan saat mudik Lebaran 2023 yang tinggal mengitung hari saja.

"Nanti ada pos pengamanan mudik dan pos tersebut akan digelar di sejumlah titik lokasi yang berpotensi kepadatan kendaraan," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: