Alasan Rasulullah Menganjurkan untuk Berbuka Puasa dengan Makan Kurma dan Air Putih

Alasan Rasulullah Menganjurkan untuk Berbuka Puasa dengan Makan Kurma dan Air Putih

Buah kurma dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.-Foto:tangkapanlayar/dokpinterest-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Bagi umat muslim di seluruh dunia yang sedang melaksanakan ibadah pusa di bulan suci Ramadan, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma mengawali berbuka puasa.

Dari Anas bin Malik, ia berkata: Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalt dengan Ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air.

Mengapa kurma? 

Kurma kaya akn unsur gula, yaitu glukosa dan fruktosa yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

BACA JUGA:Besok Vaksinasi Polio Tambahan Serempak, Jumlah Sasaran di Kota Tasikmalaya Capai 51 Ribu Balita

Dilansir dari akun Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah, Dokter Ahmad Abdurrahman Hasyim dalam kitabnya Ramadhan wath Thibb mengatakan:

“Jika tidak ada kurma, boleh menggunakan sirup atau air juice buah yang mengandung unsur gula yang cukup, seperti air yang dicampur sedikit madu, jeruk, lemon dan sebagainya”

Kandungan yang da di dalam kurma hanya memerlukan 5-10 menit untuk dapat terserap dalam usus manusia ketika dalam keadaan kosong.

Dan keadaan tersebut terjadi pada orang yang sedang berpuasa.

BACA JUGA:Ramadan Mantap! Walau Tanpa KKS atau KIP Tetap Bisa Dapat Bansos PIP Rp 1.000.000 Cair April 2023

Kurma juga bisa dibuat berbagai macam menu makanan, selian dapat dikonsumsi secara langsung, kurma juga dapat diolah menjadi susu kurma, juice kurma, kue, serta camilan lain berbahan baku kurma, yang dapat dibuat di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: