DATA Lengkap Letusan Gunung Merapi Berikut Ancaman Bahaya Erupsi 4 di Kabupaten

DATA Lengkap Letusan Gunung Merapi Berikut Ancaman Bahaya Erupsi 4 di Kabupaten

Data lengkap letusan Gunung Merapi berikut ancaman bahaya erupsi 4 di kabupaten.--Badan Geologi--

BACA JUGA: Mau INSENTIF Kartu Prakerja Cair? Yuk Lakukan Ini!

Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental, maka aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih berada pada tingkat Siaga (Level III).

Potensi bahaya saat ini masih tetap berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km.

Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

Terkait dengan aktivitas saat ini, Kepala Badan Geologi meminta kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas apa pun di daerah potensi bencana.

BACA JUGA: Wuh! Kok Gagal Terima Bansos Ramadan, Mungkin Ini Penyebabnya, Cek Disini

Dia juga merekomendasikan kepada para pemangku kepentingan dalam penanggulangan bencana Gunung Merapi yakni, Pemerintah Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten agar melakukan upaya-upaya mitigasi dalam menghadapi ancaman bahaya erupsi Gunung Merapi yang terjadi saat ini.

”Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apa pun di daerah potensi bahaya. Masyarakat agar mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi,” pungkas Sugeng.

Badan Geologi melalui PVMBG-BPPTKG terus berupaya dalam mitigasi bahaya Gunung Merapi, baik melalui pemantauan, penilaian bahaya, penyebaran informasi, dan sosialisasi aktivitas Gunung Merapi.

Masyarakat diimbau untuk selalu mengikuti informasi aktivitas Gunung Merapi dari sumber yang terpercaya dan mengikuti rekomendasi dari Badan Geologi, pemerintah daerah, dan BPBD setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: