Soal Berkas Milik DLH Kota Banjar Raib, Siap-Siap Dipanggil Inspektorat

Soal Berkas Milik DLH Kota Banjar Raib, Siap-Siap Dipanggil Inspektorat

Inspektur Daerah Kota Banjar Agus Muslih saat ditemui di kantornya, Kamis 02 Maret 2023.-Anto Sugiarto-radartasik.disway.id

BANJAR, RADARTASIK.COM – Beberapa karyawan atau petugas di Dinas Lingkungan Hidup siap-siap dipanggil Inspektorat soal berkas milik DLH Kota Banjar raib. Pemanggilan beberapa pihak di DLH Kota Banjar ini dilakukan untuk dimintai klarifikasinya.  

"Ini menjadi pelajaran bagi perangkat lainnya, bahwa pengamanan aset atau benda-benda berharga harus dijaga," ungkap Inspektur Daerah Kota Banjar Agus Muslih, Kamis 02 Maret 2023. 

Sambung dia, bagi piket sesuai jadwal harus menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Selain itu, harus betul-betul ada pengawasan dari pimpinan juga terhadap petugas piket.

Ditanya terkait hilangnya dokumen ini akan ada sanksi buat petugas piket, Agus belum bisa menjelaskan secara gamblang.

BACA JUGA:PT DAM Jalin Kerjasama dengan SMKN 4 Tasikmalaya Terapkan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Honda  

"Ya tergantung nanti pembuktiannya, apakah nanti dari kasus pencurian itu ada kerja sama dengan unsur pegawai misalnya atau tidak," jelasnya. 

"Kalau itu murni pencurian, dilihat dari kelemahan sistem pengendalian, yakni ada kelalaian atau tidak," tegasnya. 

Pihaknya juga masih menunggu hasil penyelidikan kepolisian, namun jika ada keterlibatan pegawai internal, inspektorat tidak akan tinggal diam.

"Seharusnya perlu pengamanan yang ketat dilakukan oleh para OPD dalam menjaga aset," jelasnya.

BACA JUGA:Deretan Skutik Honda 160cc Laris di IIMS 2023, Terjual Lebih dari Seribu Unit 

Agus Muslih mengimbau kepada seluruh kepala OPD, camat, lurah dan kepala desa agar mengamankan aset dengan baik. Selain itu, harus melakukan perbaikan prosedur dalam penyimpanan aset dengan baik dari jangkauan orang luar. 

"Kepala OPD, camat, lurah dan kades memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mengamankan asetnya masing-masing," tandasnya.

"Ini pelajaran bersama bagi semua, jangan sampai hal itu terjadi lagi. Maka saya tekankan asetnya harus dijaga dengan baik," pinta dia. 

Diberitakan sebelumnya, ratusan berkas penting milik DLH Kota Banjar raib di dalam lemari.  Berkas atau dokumen penting tersebut baru diketahui raib ketika pihak DLH diminta sejumlah data oleh BPK untuk melengkapi laporan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: