Mohamad BBC

Mohamad BBC

Mohamad Susilo, Ranny Miller, Rohmatin Bonasir, dan Endang Nurdin di kantor BBC New Broadcasting House, London pada 2016.-Foto: BBC Indonesia-

Oleh: Dahlan Iskan

TEMAN-TEMAN memanggilnya "Ilo". Itulah nama kodenya saat masih jadi wartawan di Surabaya. Inisial (ilo) selalu tertulis di belakang berita yang ia buat.

Nama lengkapnya: Mohamad Susilo. Ia sahabat Disway di London. Di sana "ilo" bekerja sebagai wartawan BBC. Juga penyiarnya. Di seksi siaran bahasa Indonesia.

Anda pun sudah tahu: siaran bahasa Indonesia itu ditutup. Siaran terakhirnya tanggal 30 Desember 2022. Begitu menginjak tanggal 1 Januari siaran itu tidak ada lagi.

Tapi "ilo" akan tetap tinggal di London. Tiga anaknya lahir di London. Yang terbesar lagi menempuh S2 di sana. Di bidang War Studies, Conflict Resolution. Yang kedua masih SMA. Dan si bungsu masih SD. "Saya akan menemani anak-anak di sini," ujarnya. Ilo masih tetap bekerja di BBC. 

Ilo sendiri alumnus sastra Inggris, Universitas Negeri Semarang, Unnes. Kampung halamannya di Welahan, Jepara.

Inisial ''ilo'' itu ternyata diberikan oleh redakturnya saat itu: Mundzar Fahman. "Biar kamu nanti jadi orang internasional," ujar Mundzar melucu. ILO adalah organisasi buruh internasional. 

Guyon itu jadi kenyataan. Diam-diam "ilo" melamar bekerja ke BBC London. Diterima. Awalnya banyak yang tidak percaya. Postur "ilo" sangat mungil. Pun untuk ukuran orang Indonesia. Kurus pula. Jalannya melayang-layang.

Ketika "ilo" pamit mau berangkat ke London banyak yang berdoa agar "ilo", dengan tubuhnya yang seperti itu, cukup kuat menahan dingin di musim salju.

Dhimam Abror, Pemred Ilo saat itu termasuk yang tidak kaget. "Sejak masuk Jawa Pos pandangan geopolitiknya sudah terlihat mengglobal," ujar Abror. Pun teman seangkatan Ilo, Ahmad Marzuq. Yang juga masuk BBC.

Sebelum dua orang itu pun  sudah ada wartawan Abror lainnya yang ke BBC. Yakni Riza Primadi, yang setelah itu pemimpin SCTV. 

Saya pun meneleponnya. Agar Ilo menulis untuk pembaca Disway: soal penutupan BBC Siaran Indonesia itu. Inilah tulisannya:

***

Hari Jumat, 30 Desember ktur2022, menandai akhir dari perjalanan panjang siaran radio BBC News Indonesia. Buletin berita ”Dunia Pagi Ini” pukul 06.00 WIB pada Jumat tersebut adalah siaran yang terakhir, setelah mengudara tanpa jeda sejak 30 Oktober 1949, sekitar lima tahun setelah Republik Indonesia berdiri.

Sumber:

Berita Terkait