Ayat Alquran Tentang Bersyukur Dibahas Ustadz Abdul Somad

Ayat Alquran Tentang Bersyukur Dibahas Ustadz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad. Sumber: Taufiq TV-YouTube Channel--

Hidup penuh syukur dan sabar tidak mudah. Tapi kita bisa mendapat panduannya di alquran. Ada ayat alquran tentang bersyukur dan dibahas Ustadz Abdul Somad. 

Dalam sebuah tausyiah di Balikpapan, Kalimantan Timur, Ustadz Abdul Somad yang akrab disapa UAS, mengutip ayat alquran tentang bersyukur. Yakni surah Ibrahim ayat 7. Ayat ini dibahas Ustadz Abdul Somad dengan penyampaian yang ringkas.

"Barang siapa yang bersyukur maka akan Allah tambah nikmatnya," ujar UAS mengartikan ayat alquran tebtang bersyukur di Surah Ibrahim ayat 7. Sambil kelakar, dia bertanya ke jamaah. "Bagaimana mensyukuri istri?"

Jamaah ada yang menyahut, tambah. UAS tersenyum. "Bukan saya ibu-ibu. Itu mereka," tunjuk UAS ke arah jamaah laki-laki. 

"Tambah nikmat itu tidak hanya nominal bertambah. Tapi cintanya bertambah-tambah. Ini untuk menetralkan,"  ujar UAS. Jamaah pun riuh tertawa.

UAS mengisahkan cara bersyukur Rasulullah Saw. Salah satunya melakukan sholat tahajud bacaan ayat alquran ya panjang  Rasullullah berdiri lama sampai kakinya bengkak. 

Istrinya Siti Aisyah bertanya. "Ya Rasulullah mengapa engkau lakukan ini. Kenapa engkau sholat sampai kakimu bengkak. Padahal dosamu yang lalu, dosamu yang sekarang, dosamu yang akan datang sudah diampuni Allah SWT?"

Rasulullah, tutur UAS, menjawab."Aku ingin menjadi hamba Allah yang bersyukur."

Dijelaskan UAS, orang yang bersyukur masalahnya bukan pada akhlak atau moral. Tapi ada pada aqidah.  Sudah melakukan sholat, puasa, zakat, mengaji, tapi hidup masih ekonomi masih sulit, tidak boleh protes. 

Tapi tetap harus syukur dan sabar.

"Berinteraksi dengan Allah itu bukan menuntut. Tapi ridho dengan ketetapannya. Allah ingin engkau bersabar. Orang sabar itu balasannya tidak terbatas. Sabar itu berat. Balasannya surga," pesan ahli hadist ini dalam chanel Ustadz Abdul Somad TV, yang dikutip Radartasik.com, Rabu 28 Desember 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: