Waspada! Daftar Daerah Berpotensi Cuaca Ekstrim Periode Nataru, Cek Daerah Anda di Sini

Waspada! Daftar Daerah Berpotensi Cuaca Ekstrim Periode Nataru, Cek Daerah Anda di Sini

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebutkan daftar daerah berpotensi cuaca ekstrim periode Nataru.-FIN-

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Sejumlah daerah berpotensi mengalami cuaca ekstrim periode Nataru (Natal 2022 dan Tahun Baru 2023).

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebutkan daftar daerah berpotensi cuaca ekstrim periode Nataru.

Dwikorita Karnawati menjelaskan dalam periode sepekan ke depan terdapat potensi signifikan dinamika atmosfer.

Potensi signifikan dinamika atmosfer dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia, khususnya selama periode Nataru.

BACA JUGA: Susi Air Buka Loker Terbaru untuk Minimal Lulusan SMA, Wawancara Kerja pada Kamis dan Jumat Ini, Buruan Daftar

Dia merinci daerah berpotensi cuaca ekstrim periode Nataru berdasar platform informasi prakiraan berbasis dampak BMKG.

Beberapa wilayah dengan potensi siaga yang perlu diwaspadai pada periode 21 hingga 23 Desember 2022 adalah sebagian wilayah Aceh, sebagian wilayah Sumatera Utara, sebagian wilayah Riau, sebagian wilayah Jawa Barat.

Sebagian wilayah Jawa Tengah, sebagian wilayah Jawa Timur, sebagian wilayah Nusa Tenggara Timur, sebagian wilayah Kalimantan Barat.

Sebagian wilayah Kalimantan Timur, sebagian wilayah Kalimantan Utara, sebagian wilayah Maluku, dan sebagian wilayah Papua.

BACA JUGA: 8 Destinasi Wisata di Indonesia yang Vibesnya Mirip Avatar 2: The Way Of Water

”Khusus untuk tanggal 24 Desember 2022, potensi siaga dari prakiraan berbasis dampak perlu diwaspadai di sebagian wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan,” ujar Dwikorita Karnawati dalam pernyataan tertulisnya yang dikutip radartasik.com dari laman Setkab pada Rabu 21 Desember 2022.

Dwikorita Karnawati menyampaikan juga potensi hujan dengan intensitas signifikan selama periode tanggal 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023 perlu diwaspadai di beberapa wilayah.

Hujan lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi di wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur,  Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Kemudian hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: setkab.go.id