’Bocoran’ Ujian Masuk PTN 2023, Tidak Ada Lagi Tes Mata Pelajaran, Ini Materi yang Akan Diujikan SNPMB 2023

’Bocoran’ Ujian Masuk PTN 2023, Tidak Ada Lagi Tes Mata Pelajaran, Ini Materi yang Akan Diujikan SNPMB 2023

Ilustrasi: ’Bocoran’ ujian masuk PTN 2023 yaitu salah satunya tidak ada lagi tes mata pelajaran. -Foto: Emily Ranquist/Pexels---

Prof. Mochamad Ashari menguraikan, beberapa upaya bakal dilakukan  dalam rangka mencegah terjadinya potensi kecurangan yang ditemukan setiap tahun.

"Perubahan soal bakal meminimalisir adanya kebocoran dan meningkatkan keamanan teknis saat pelaksanaan tes. Kita tahu, dari tahun ke tahun muncul dan temukan itu. Kita proses dan lakukan proses hukum," tandasnya.

Sementara untuk pendaftaran UTBK SNBT 2023, panitia menetapkan kontribusi sebesar Rp 200 ribu bagi semua peserta.

"UTBK SNBT 2023 tidak ada campuran. Semua kontribusinya Rp 200 ribu," kata dia. 

Tiga Jalur Masuk PTN 2023

Sementara itu Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Dikti Ristek) Prof. Nizam menjelaskan, ada tiga jalur masuk PTN yang dibuka pada SNPMB 2023.

Menurut Prof. Nizam, sebenarnya sama dengan jalur pendaftaran pada 2022. Namun skema ujian atau sistem seleksi berbeda.

“Pada dasarnya jalur seleksi sama dengan tahun 2022. Tetapi yang membedakan ialah ujiannya," kata Prof. Nizam saat konferensi pers secara hybrid, Kamis 1 Desember 2022.

Prof. Nizam menjelaskan, pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) semua nilai mata pelajaran dan prestasi selama siswa sekolah di jenjang SMA/MA/SMK sederajat akan diperhitungkan.

Dengan begitu, semua mata pelajaran menjadi penting. Dalam jalur ini, seluruh siswa dapat memilih semua program studi (prodi) meski lintas jurusan.

Sementara pada jalur SNBT atau Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), siswa akan diseleksi melalui tes skolastik dan tidak ada lagi tes mata pelajaran. 

"Materi ujian UTBK 2023 ialah tes potensi skolastik, penalaran matematika, serta literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dalam jalur ini, siswa dapat memilih semua program studi (prodi) meski lintas jurusan," tambah Prof. Nizam.

 

Jadwal SNPMB 2023

- Pembuatan akun SNPMB, 16 Februari-3 Maret 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarlampung.co.id