Jadwal Sholat Kabupaten Garut Hari Ini Sabtu 26 November 2022

Jadwal Sholat Kabupaten Garut Hari Ini Sabtu 26 November 2022

Jadwal salat harian untuk daerah Kabupaten Garut dan sekitarnya hari ini.-Radartasik.com-

Niat sholat adalah bermaksud dengan hati. Maksud apa? Maksud melakukan sholat. Niat sholat barengkan dengan pekerjaan takbiratul ihram.

Waktu takbiratul ihram, Anda lintaskan bahwa Anda akan melakukan sholat. Tempatnya niat di dalam hati bukan di lidah.

Niat itu aslinya di dalam hati. Takbiratul ihram bukan niat tetapi rukun (sholat). Dan, niat sholat dilintaskan waktu takbiratul ihram. Makanya, niat tidak diucapkan.

Makanya mengucapkan niat di dalam sholat itu adalah sebelum takbiratul ihram. Sebelum niat yang sesungguhnya.

Niat yang diucapkan oleh lidah itu untuk membantu kita supaya tidak ngalantur. Misalnya, usali fardu zuhri.... Namun itu bukan niat melainkan mukadimah niat.

Niat sholat adalah ketika mengucapkan takbiratul irham. Ketika mengucapkan takbiratul ihram, maka saat itulah dilintaskan niat. Makanya melintaskan niat itu dibarengi dengan takbiratul ihram.

Harus dipahami bahwa yang wajib dihadirkan di hati waktu menguncapkan takbiratul ihram cukup 3 hal.

Pertama, maksud akan melakukan sholat. Kedua, ditentukan sholatnya, zuhur atau asar. Kemudian, meyakini kefanduannya.

Jadi kalau bahasa arabnya: usali fardu zuhri (aku niat sholat fardu zuhur). Itu yang harus dihadirkan waktu takbiratul ihram. Jadi yang dihadirkan bukan semua mukadimah niat: usali fardu ...

Kalau sholat qobliyah atau ba’diyah sholat fardu cukup dua hal yang wajib dihadirkan saat mengucapkan takbiratul ihram. Yakni, dilintaskan maksud dan kabliyah nama sholatnya.

Kalau sholat sunnah mutlak (sholat sunnah yang tidak pakai nama) langsung saja takbiratul ihram dan dilintaskan niat sholat. Niat sholat saja sudah sah. Tidak perlu menentukan nama sholatnya.

Sumber: Al Bahjah TV/Buya Yahya

DOA SHOLAT DUHA

Sholat duha dikerjakan minimal dua rakaat dan maksimal delapan rakaat. Setelah itu, kita dianjurkan membaca doa sebagai berikut sebagaimana ditemukan di kitab-kitab fiqih Mazhab Syafi’i yaitu I’anatut Thalibin, Tuhfatul Muhtaj, Hasyiyatul Jamal. Berikut ini lafal doa dan terjemahannya:

Lafal doa,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: