Buat yang Obesitas, Bersepeda Bisa Jadi Cara untuk Menurunkan Berat Badan

Buat yang Obesitas, Bersepeda Bisa Jadi Cara untuk Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi bersepeda menjadi salah satu olahraga yang dapat menurunkan berat badan bagi penderita obesitas.-Foto:tangkapanlayar/GenPi.Co-

RADARTASIK.COM - Orang obesitas dianjurkan untuk bersepeda sebagai olahraga rutin. Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi dr Rumaisah Hasan menyarankan orang obesitas untuk menurunkan berat badannya dengan bersepeda.

"Bersepeda tidak membebani lutut. Itu mengapa pada orang obesitas ketika mau melakukan aktivitas olahraga biasanya kami sarankan mulai dengan manajemen obesitas dulu," ujarnya, dilansir dari GenPi.Co dan Antara. 

Untuk mengetahui apakah kamu mengalami obesitas, cobalah mengukur berat badan dengan indeks massa tubuh (IMT). Menurut WHO, berat badan berlebih salah satunya dapat ditandai dengan hasil pengukuran indeks massa tubuh (IMT) yang berada pada rentang 23-24,9. 

IMT lebih dari itu yakni 25-29,9 masuk dalam kategori obesitas I dan disebut obesitas II apabila IMT menunjukkan angka lebih dari 30. Rumaisah mengatakan bahwa bersepeda juga bisa mencegah kemungkinan cedera pada sendi dan telapak kaki.

BACA JUGA:Khusnul Bomiyah 

Selain itu, bersepeda juga bisa menjadi salah satu olahraga rekreasi yang dilakukan berasam teman dan keluarga.

Olahraga ini bermanfaat antara lain menguatkan jantung dan paru-paru dan membakar lemak tubuh, sehingga mereka yang rutin bersepeda biasanya memiliki tubuh ramping. "Karena melibatkan banyak otot besar, lebih mudah mencapai berat badan ideal," ungkap Rumaisah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: