Cara Mencegah Gagal Ginjal Akut pada Anak, Coba Langkah-Langkah Ini Bunda

Cara Mencegah Gagal Ginjal Akut pada Anak, Coba Langkah-Langkah Ini Bunda

Rutin minum air putih bisa mencegah gagal ginjal akut pada anak. Foto: -Theresa Muth-Pixabay--

JAKARTA, RADARTASIK.COM— Kasus gagal ginjal akut sampai saat ini ditemukan di 22 provinsi di Indonesia dengan pasien 241 orang. Untuk itu cara mencegah gagal ginjal akut pada anak bisa dengan langkah-langkah seperti ini.

Cara mencegah gagal ginjal akut pada anak, menurut salah satu apoteker di Indonesia, Nur Chasanah SFarm bisa dilakukan dengan beberapa langkah.

Adapun langkah-langkah dan cara mencegah gagal ginjal akut pada anak yaitu dengan membiasakan anak-anak meminum air putih.

“Tips menjaga kesehatan dari ginjal pada anak, di mana setiap orang tua harus membiasakan anak-anak diberikan air putih yang cukup sejak usia dini karena bagus untuk kesehatan tubuh,” ungkapnya yang dikutip dari disway.id, Sabtu 22 Oktober 2022.

“Selain itu tidak dibiasakan minum air putih itu setiap waktu, kita aja sebagai orang dewasa satu hari harus minum air putih yang cukup,” tambahnya.

Masih dengan Nur, cara mencegah gagal ginjal akut pada anak yang perlu diperhatikan pada anak kecil sejak dini harus dikasih air putih agar nanti terbiasa dan itu juga sangat menyehatkan tubuh.

Kemudian, apabila anak mengalami demam, para orangtua tidak perlu panik. hal yang utama yang harus dilakukan yaitu mengompresnya dengan air hangat dan jangan dipakaikan baju yang ketat.

Anak demam yang masih bisa ditangani, jika suhu tubuhnya mencapai 37 derajat celcius.

Selain itu di bantu dengan minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi, sebenarnya demam itu sebuah tanda bahwa di dalam tubuh ada benda asing.

Oleh sebab itu, saat tubuh mengeluarkan zat asing tersebut, tubuh menjadi demam.

Jika masyarakat masih takut dengan maraknya sirup yang disinyalir mengandung zat berbahaya bisa dianjurkan untuk berobat ke dokter nanti dokter akan memberikan obat yang aman.

“Jangan berikan obat secara sembarangan. Jika orangtua takut anaknya terjadi sesuatu hal tidak diinginkan, segera dibawa ke dokter untuk dikonsultasikan dan diberikan obat yang aman,” imbuhnya.

Nur menjelaskan bahwa air putih, ASI ibu dan air kelapa juga bagus untuk kesehatan tubuh pada anak, dan jangan dibiarkan anak tersebut dehidrasi.

Sementara itu, berdasarkan konsensus Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), anak sehat usia 0 – 6 bulan butuh cairan 700 ml per hari, bayi 7 – 12 bulan butuh cairan 800 ml per hari, anak 1 – 3 tahun butuh cairan 1300 ml per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarcirebon.com