Waduh! Sampai Ini Kabupaten Pangandaran Belum Punya GOR Bola Basket, Ini Komentar Ketua Perbasi Jabar

Waduh! Sampai Ini Kabupaten Pangandaran Belum Punya GOR Bola Basket, Ini Komentar Ketua Perbasi Jabar

Pelajar sedang bermain bola basket di Lapangan Pangandaran Creative Space, Senin 10 Oktober 2022. Foto: Deni Nurdiansah/Radar Tasikmalaya --

PANGANDARAN, RADARTASIK.COM – Sampai ini Kabupaten Pangandaran belum punya GOR bola basket. 

Ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Pebasi) Jawa Barat Epriyanto Kasmuri menyoroti kurangnya fasilitas untuk olahraga basket di Kabupaten Pangandaran. 

”Idealnya satu daerah Kabupaten/Kota di Jawa Barat mempunyai 1 Gelanggang Olahraga (GOR) untuk bola basket ataupun sarana rekreasi umum lainnya,” ungkap Epriyanto Kasmuri kepada wartawan, Senin, 10 Oktober 2022.

Menurut Epriyanto Kasmuri, GOR bola basket diperlukan tidak hanya untuk sarana olahraga, tetapi menjadi pertemuan masyarakat secara umum. 

”Kalau ada GOR pasti ada orang yang datang, pedagang dan masyarakat kumpul di sana sehingga perputaran ekonomi pun berjalan,” ucap Epriyanto Kasmuri.

Epriyanto Kasmuri mengatakan lapangan olahraga bola basket yang begitu minim, membuat olahraga ini sangat kurang populer, dibanding olahraga sepak bola. 

”Seharusnya pemerintah memperhatikan para atlet lokal dengan merata, tentu cabor basket ini harus digenjot pembibitan atletnya,” terang Epriyanto Kasmuri.

Sementara saat ini lapangan bola basket di Pangandaran untuk umum, hanya ada di Pangandaran Creative Space yang bersamaan dengan lapangan skate board dan taman. 

“Saya yakin jika fasilitasnya diperbanyak, prestasi atlet juga terangkat,” ujarnya.

Ketua Perbasi Pangandaran Sarlan mengatakan, selama 5 tahun ke depan berharap Pemkab Pangandaran bisa menambah lapangan basket di Pangandaran. 

“Kita butuh 10 lapangan basket lagi di Pangandaran yang harus ada di seluruh kecamatan,” tutur Sarlan.

Ia mengatakan penambahan lapangan bola basket selain di sekolah, secara umum pun harus ada. 

“Minimal tambah 1-3 lapangan setiap tahun, karena ini berkaitan dengan sarana penunjang peningkatan kapasitas atlet daerah,” ucap Sarlan .

Ketua KONI Pangandaran Agus Mulyana mengatakan, pembangunan GOR bola basket di Pangandaran memang dibutuhkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: