Tingkat Kunjungan Hotel di Pangandaran Mulai Meningkat

Tingkat Kunjungan Hotel di Pangandaran Mulai Meningkat

PANGANDARAN — Awal pandemi Covid-19, bisnis hotel di Kabupaten Pangandaran sempat terpukul. Okupansi (tingkat hunian) hotel terjun bebas dan pendapatan pun turun drastis.


Awal tahun 2021, saat objek wisata kembali normal, hotel di Pangandaran mencoba bangkit kembali. Seperti yang dikatakan General Manager Arnawa Hotel Aby Kuwanto.

Aby tidak memungkiri, sampai akhir tahun 2020 tingkat hunian turun hingga 50 persen. “Kita kerepotan sampai akhir tahun. Semua hotel merasakan hal yang sama,” ungkapnya Sabtu (20/3/2021).

Kata dia, sejak awal tahun ini tingkat kunjungan mulai mengalami peningkatan sampai 30 persen. Itu tidak lepas dari kebijakan pemerintah. “Mulai dari vaksin, izin keramaian, sangat membantu sekali,” jelasnya

Dia menyebut Arnawa membuat kebijakan menaikan harga kamar hingga 10 persen sejak awal tahun lalu. “Karena memang satu sisi kita ingin memberikan yang terbaik untuk tamu,” katanya.

Baca juga : Cuaca Dingin Dipangandaran, Ikan Layang Mudah Ditangkap

Sisi perbaikan pelayanan dan kualitas fisik hotel, kata dia, jelas harus dilakukan. “Kalau promo mah tetap ada,” jelasnya.

Ia berharap tingkat hunian akan terus naik dan Covid-19 bisa berakhir. “Ya kita harap semuanya kembali normal, ekonomi juga normal,” terangnya.

Wisatawan asal Bandung Cecep Supriatna (45) mengaku sudah bisa mengisi waktu liburan ke Pantai Pangandaran. Selama beberapa bulan ke belakang, dia dan keluarga hanya diam di rumah.

“Akhirnya sekarang bisa piknik, walaupun harus mengikuti protokol kesehatan yang salah satunya mengunakan masker. Saya sudah jenuh lama berdiam diri di rumah,” katanya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: