Ekspor Sale Pisang Garut ke Malaysia Berlanjut

Ekspor Sale Pisang Garut ke Malaysia Berlanjut

PELEPASAN. Truk kontainer bermuatan sale pisang asal Kabupaten Garut yang akan diberangkatkan ke Malaysia di Pasar Buah Jalan Warungpeuteuy, Sabtu (1/10/2022).-Agi Sugiana/Radar Tasikmalaya-

GARUT, RADARTASIK.COM – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) ESDM Kabupaten Garut melepas truk kontainer bermuatan sale pisang yang akan diekspor ke Malaysia

Pelepasan dilaksanakan di Pasar Buah Jalan Warungpeuteuy Desa Sukaraja Kecamatan Banyuresmi, Sabtu 1 Oktober 2022).

“Hari ini (Sabtu) kami mengadakan pelepasan ekspor perdana sale pisang ke negara sahabat, ke negara tetangga Malaysia. Alhamdulillah loading barang hari ini sudah selesai, dan akan siap kami untuk segera diberangkatkan menuju negara sahabat,” ujar Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Sekdisperindag ESDM) Garut Ridwan Efendi di lokasi pelepasan kontainer.

Ia berharap ekspor perdana yang merupakan kerja sama antara industri kecil menengah (IKM) asal Kabupaten Garut, pihak eksportir dan Bank BJB Cabang Garut bisa mempermudah pengiriman produk. 

BACA JUGA:Running News Teror Pembunuhan Kucing di Tasik: Bangkainya Dimutilasi Berjejer Rapi, Pelakunya Diburu Polisi

“Insya Allah pengiriman berikutnya dengan komoditas yang berkelanjutan dan juga dengan kualitas yang terjamin dan terjaga, sehingga dapat memuaskan berbagai pihak yang bekerja sama dalam kegiatan ekspor ini,” harapnya.

Direktur dari pihak eksportir, Kurniawan Seviyana berharap kolaborasi yang telah terjalin bisa berkelanjutan. 

“Sehingga ini bukan sekadar hari ini kita bisa ekspor, nanti berikutnya juga berkelanjutan terus tidak lepas,” tuturnya.

Manajer Usaha Kecil Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bank BJB Cabang Garut Risman Hardiyana akan selalu mendukung setiap kegiatan IKM Kabupaten Garut. Ke depan pihaknya akan mendorong nasabah Bank BJB yang memiliki produk IKM bisa melakukan ekspor. 

BACA JUGA:PSSI Pastikan Semua Kompetisi Tetap Berjalan, Kecuali Liga 1

“Insya Allah ke depan ada nasabah BJB juga akan kita coba untuk dorong untuk supaya bisa melakukan ekspor juga,” ungkapnya dikutip dari Radar Tasikmalaya.

Sementara itu, pelepasan kontainer merupakan tindak lanjut dari launching ekspor perdana sale pisang ke Malaysia oleh Bupati Garut Senin 26 September 2022 lalu di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Garut. 

Sebanyak 2.600 bal sale pisang akan dikirimkan Rabu 28 September 2022. Namun, karena kapal pengiriman mengalami delay, sehingga pengiriman baru bisa dilaksanakan Sabtu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: