Redkar Bantu Penanganan Kebakaran di Garut

Redkar Bantu Penanganan Kebakaran di Garut

TAROGONG KIDUL — Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut membentuk Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) di Desa Sirnagalih Kecamatan Bayongbong. Pembentukan Redkar untuk memaksimalkan penanganan kebakaran, khususnya di pelosok Kabupaten Garut.


“Selama ini penangan kebakaran di pelosok ini sulit, karena medan yang cukup berat. Mudah-mudahan dengan dibentuknya Redkar ini penanganan bisa lebih maksimal,” ujar Kepala Bidang Pencegahan Disdamkar Kabupaten Garut, Syam Sumaryana, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/3/2021).

Syam menerangkan relawan serupa ditargetkan dibentuk di setiap desa dan kecamatan. Mereka dibekali kemampuan dalam penanganan kejadian kebakaran. “Relawan ini kami bentuk sebagai kesiapsiagaan dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran,” ujarnya.

Baca juga : Alhamdulillah... 29 ODGJ Warga Garut Sembuh

Menurut dia, kebakaran sudah sering terjadi, baik itu di wilayah perkotaan hingga pelosok pedesaan. Dengan kondisi itu, keberadaan relawan penting untuk melakukan penanggulangan kebakaran.

“Tidak semua kejadian kebakaran bisa ditanggulangi petugas Damkar, karena personel dan alatnya terbatas. Sementara wilayah Garut ini sangat luas,” ujarnya.

Selain menyiapkan relawan, pihaknya juga mengimbau masyarakat selalu waspadai penyebab kebakaran, mulai dari memperhatikan instalasi listrik di rumah yang harus sesuai dengan standar, jangan melakukan tindakan ilegal dalam penggunaannya, perhatikan juga penggunaan beban listrik, jangan sampai menumpuk sambungan listrik karena dapat memicu terjadinya korsleting listrik.

“Perhatikan pula kondisi dapur, terutama saat hendak bepergian. Pastikan kompor dalam kondisi mati,” terangnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: