Otoritas Hong Kong Temukan Pestisida di Mie Sedaap, Masih Amankah untuk Dikonsumsi?

Otoritas Hong Kong Temukan Pestisida di Mie Sedaap, Masih Amankah untuk Dikonsumsi?

Ilustrasi mie sedap instant -PT Prakarsa Alam Segar-

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Center Foods safety (CFS) Hong Kong mengeluarkan pernyataan resmi bahwa paket bumbu dan bubuk cabai produk Mie Sedaap goreng rasa korean Spicy Chicken mengandung pestisida, etilen oksida pada Selasa, 27  September 2022 waktu setempat.

CFS menyarankan masyarakat Hong Kong untuk tidak mengkonsumsi produk Mie Sedaap yang terkena pestisida walau sudah membelinya.

"Menurut Residu Pestisida dalam Peraturan Pangan (Cap 132CM), makanan untuk konsumsi manusia yang mengandung residu pestisida hanya boleh dijual jika konsumsi makanan tersebut tidak berbahaya atau merugikan kesehatan," jelas CFS dikutip dari FIN.co.id, Rabu, 28 September 2022.

"CFS mengumpulkan sampel produk dari supermarket di Lok Fu untuk pengujian secara rutin di bawah Program Pengawasan Makanan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sampel mi, paket bumbu dan bubuk cabai produk mengandung pestisida, etilen oksida," lanjut CFS.

BACA JUGA:Pelajar SMK Ini Nekat Bawa Celurit ke Sekolah, Kini Nasibnya Berakhir Tragis...

Badan pengawas makanan tersebut menambahkan, "Pelanggar dapat dikenakan denda maksimum 50.000 dolar Hong Kong dan penjara selama enam bulan setelah terbukti bersalah."

CFS juga berjanji akan mengawasi perdagangan di pasar agar segera menghentikan penjualan produk tersebut.

Mereka lalu meminta pengecer yang bersangkutan telah mulai menarik kembali produk mie sedap yang terkontaminasi.

Saat dihubungi FIN.CO.ID  melalui pesan di instagram @mie sedaap, pihak Mie Sedap atau PT Wings Grop belum memberikan pernyataan resminya.

BACA JUGA:Konsumsi Es Teh Manis Boleh Saja, Tapi Jangan Berlebih Ya Bisa Kena Diabetes Akut Tidak Bisa Disembuhkan

Mie Sedaap hanya menyampaikan jika makanan tersebut masih aman dikonsumsi karena sudah mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

"Hai Kak! Kami sampaikan bahwa Mie Sedaap aman dikonsumsi karena Mie Sedaap telah mengantongi izin edar dari BPOM Republik Indonesia," tulisnya.

"Terkait pemberitaan, Mies Sedaap tidak mengandung residu pestisidan sama sekali ya!. Jadi tetap sedaapkan dirimu dengan Mie Sedaap, Jelas terasa sedapnya,” bantahnya.

Diluncurkan pada tahun 2003 oleh WingsFood, salah satu anak usaha Wings Group Indonesia, Mie Sedaap menjadi salah satu merek mie instan terkemuka dan digemari masyarakat Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id