2.000 Jaket Oscar Garut Diekspor ke Arab Saudi

2.000 Jaket Oscar Garut Diekspor ke Arab Saudi

BERKEMBANG. Pelaku usaha yang menggandrungi oscar asal Kelurahan Sukamentri saat membuat jaket. Produk tersebut rencananya akan dikirimkan ke Arab Saudi.-Yana Taryana/Radar Tasikmalaya-

GARUT, RADARTASIK.COM – Produk fashion berbahan dasar oscar atau kulit sintetis mulai dikembangkan di Kabupaten Garut.

Salah satu daerah yang fokus mengembangkan fesyen berbahan dasar oscar adalah Kelurahan Sukamenteri Kecamatan Garut Kota.

Hebatnya, salah seorang pelaku usaha yang menggandrungi oscar asal kelurahan tersebut dalam waktu dekat akan mengekspor 2.000 jaket ke Jedah, Arab Saudi.

BACA JUGA:Ini Penyebab Telapak Kaki Bengkak dan Terlihat Kemerahan

Potensi yang dimiliki Kelurahan Sukamenteri disadari betul Lurah Sukamenteri, Irwan Sutiawan.

Dia menilai potensi olahan oscar bisa meningkatkan sektor perekonomian, khususnya di Kelurahan Sukamenteri.

“Pertama adalah tentunya kita akan berbicara terkait masalah promosi, bagaimana sebuah produk ini bisa menjadi produk unggulan Kabupaten Garut, terus yang kedua kita akan menggandeng beberapa para buyer,” ujar Irwan kepada wartawan, Kamis 1 September 2022.

BACA JUGA:Breaking news; Pemancing Ikan di Indihiang Tasik Tenggelam di Sungai Citanduy, Tim Gabungan Masih Pencarian

Ia mengaku akan melakukan pembinaan-pembinaan terhadap para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Sukamenteri, khususnya yang bergerak di produk jaket semi kulit atau oscar, serta menggali potensi-potensi lain yang dimiliki Kelurahan Sukamenteri.

“Kira-kira produk-produk apa saja yang akan kita bina, selain jaket oscar atau juga semi kulit, dan juga jaket parasit atau katun. Kita akan gali beberapa produk-produk unggulan yang berada di wilayah Kelurahan Sukamenteri,” lanjutnya.

BACA JUGA:Rani Jaringan

“Kelurahan Sukamenteri banyak UMKM atau banyak pelaku-pelaku usaha, baik itu kuliner maupun bidang craft maupun fashion yang akan kita gali,” tambahnya.

Salah satu pelaku usaha pengolahan oscar asal Kelurahan Sukamenteri Deden menuturkan, sudah sejak tahun 1995 merintis berwirausaha di bidang konveksi, khususnya pengolahan oscar.

Potensi yang dimiliki Kelurahan Sukamenteri juga, menurut Deden, sejalan dengan kebiasaan atau keahlian yang dimiliki warga Sukamenteri yaitu menjahit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: