Lulusan SMK Tasikmalaya Bisa Bekerja di Jepang

Lulusan SMK Tasikmalaya Bisa Bekerja di Jepang

KUNJUNGAN. Direktur PT Liana Segrus Mr Kazuya Yamanouchi mengunjungi SMKN 1 Tasikmalaya, Jumat (5/8/2022) pagi. Kunjungan ini terkait kerja sama dengan penyaluran tenaga kerja. -IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA-

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Direktur PT Liana Segrus Mr Kazuya Yamanouchi mengunjungi SMKN 1 Tasikmalaya, Jumat 5 Agustus 2022 pagi. 

Kunjungan ini untuk memperkuat proses kerja sama internasional yang sudah dijalin.

Kepala SMKN 1 Tasikmalaya Dr H Wawan menyampaikan kerja sama tanggal 29 Juni – 4 Juli 2022 lalu.

BACA JUGA:Daftar Jadi Peserta Upacara Bendera di Istana Negara Yuk

Saat itu ia diberi tugas kedinasan oleh Kepala KCD XII  mendampingi Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat dalam melakukan kunjungan dinas ke Jepang.

”Saya diarahkan oleh KCD untuk melihat peluang terkait kebutuhan tenaga kerja lulusan SMK yang dimungkinkan diserap oleh industri di Jepang,” kata Dr H Wawan.

Wawan menyatakan pesan tersebut sudah dilaksanakan, terbukti dengan datangnya Mr Kazuya Yamanouchi ke Kampus SMKN 1 Tasikmalaya. 

BACA JUGA:Fawwaz Nugraha Faisal dan Suci Nurbaeti Ramadhani Wakili Kota Tasikmalaya Jadi Duta Bela Negara Jawa Barat

Sebelum ke SMKN 1 Tasikmalaya, Mr Kazuya bersama rekan-rekannya dari Jepang melakukan audiensi dengan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate. 

”Makanya saya ingin mengenalkan secara singkat SMKN 1 Tasikmalaya kepada Mr Kazuya Yamanouchi,” lanjutnya.

Wawan menambahkan, “SMKN 1 Tasikmalaya yang memiliki siswa sejumlah 1.933 orang yang tersebar di 7 program keahlian dan 10 konsentrasi keahlian.”

BACA JUGA:Hindari Kasus Perundungan Anak, MUI Singaparna Minta Pembatasan Gadget di Sekolah

Menurutnya manajemen SMKN 1 Tasikmalaya telah memetakan minat karier siswa pasca mereka lulus. 

Dari 1.933 siswa, 54 persen memilih karier bekerja di dalam negeri, 19 persen  memilih karier bekerja dan kuliah di luar negeri, 11 persen memilih karier berwirausaha dan 16  persen memilih karier kuliah di dalam negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: