Keunikan Situ Rawa Kalong yang Baru Diresmikan Ridwan Kamil

Keunikan Situ Rawa Kalong yang Baru Diresmikan Ridwan Kamil

Penampakan Situ Rawa Kalong Kota Depok, Jawa Barat.-Istimewa-

DEPOK, RADARTASIK.COM – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan revitalisasi Situ Rawa Kalong Kota Depok pada Jumat 5 Agustus 2022.

Ada dua fungsi Situ Rawa Kalong setelah direvitalisasi, yakni fungsi ekologi dan fungsi sosial.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Sumber Daya Air meyakini Situ Rawa Kalong mampu menjadi destinasi wisata unggulan yang berbasis wisata air.

Fungsi situ juga sebagai sarana irigasi dan penampungan air. Untuk itu, Pemprov Jabar terus melakukan upaya untuk kelestarian dan kualitas air tanpa limbah.

BACA JUGA: Nekat! Warga Bandung Tidur di Tengah Jalan RE Martadinata, Kota Tasik, Ini Nasibnya Sekarang

Sementara Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat Dicky Achmad Sidik mengatakan Situ Rawa Kalong memiliki luas lahan mencapai 8,25 hektare tersebut.

”Pemprov Jabar melalui program revitalisasi ini sebagai bentuk konservasi sekaligus pengamanan aset, situ-situ yang ada di wilayah Sungai Cisadane. Di Depok salah satunya, disamping mengembangkan destinasi wisata,” kata dia dalam sambutannya.

Selain memiliki pesona keindahan alamnya, kawasan Situ Rawa Kalong memiliki fungsi yang lebih optimal dalam menjaga kelestarian dan penampungan air untuk penunjang sektor pertanian.

Situ Rawa Kalong yang dulu hanya digunakan warga untuk memancing ikan, kini kawasan yang ada di Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat, itu bisa mendongkrak sektor pariwisata, ekonomi rakyat, hingga kelestarian budaya.

BACA JUGA: Kronologi Pelajar SD di Ciamis Tewas Diduga Karena Ponselnya Meledak

Penataan kembali Situ Rawa Kalong ditujukan untuk mengembalikan fungsi pariwisata yang mulai berubah karena banyaknya pergantian fungsi yang ada disekitar kawasan.

”Setelah revitalisasi, masyarakat sekitar bisa memanfaatkan kawasan Situ Rawa Kalong sebagai destinasi wisata unggulan yang akan berdampak positif terhadap sektor pariwisata, ekonomi, sosial, hingga budaya,” tambah Dikcy.

Kawasan tersebut kini memiliki kubus apung yang ikonik dan bisa digunakan untuk Walkway di atas air.

Tidak hanya itu, Situ Rawa Kalong sudah dilengkapi beberapa fasilitas lainya seperti menara air, taman lansia, pembangunan toilet, pengerukan sedimen dan perbaikan tanggul, gedung aula, retail kios, pagar pembatas, lanskap (pedestrian path) hingga vertical garden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: