14 Pasangan Pengantin Lakukan Ritual Ini Biar Rezeki Berlimpah

14 Pasangan Pengantin Lakukan Ritual Ini Biar Rezeki Berlimpah

KULON PROGO, RADARTASIK – Sebanyak 14 pasangan pengantin melakukan ritual sedekah alam dengan menebar 2.000 benih ikan tawes di Objek Wisata Ono Kaline River Park, Semaken III, Banjararum.

Belasan pasangan pengantin itu dari Kapanewon Kalibawang, Girimulyo, dan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kulon Progo Wahib Jamil mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu implementasi dalam beragama antara manusia dengan alam.

Menurut Wahib, tebar benih ikan termasuk kategori ritual sedekah dalam konteks beragama.

BACA JUGA:Gus Muwafiq Sebut Aksi Pawang Hujan Bukan Musyrik Tetapi Ilmu Spiritual

"Sedekah akan mendatangkan rezeki yang berlimpah, menghapus dosa dan menolak bala,” katanya.

Selain itu tebar benih ikan ini juga menjadi media untuk menunjukkan komitmen pasangan pengantin dalam menjaga lingkungan.

Program lepas liar benih ikan itu dilakukan Kantor Kemenag Kulon Progo bekerja sama dengan Dinas Pariwisata, Dinas Dukcapil, Dinas Kelautan dan Perikanan, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo.

"Kami sangat berterima kasih program ini telah didukung oleh instansi terkait, termasuk KUA, kecamatan, kalurahan, dan masyarakat secara umum,” ujar Wahib.

BACA JUGA:Dukun Palsu di Cihideung Tasikmalaya Diciduk Polisi, Modusnya Minta Dibelikan Alat Ritual Penarikan Uang

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo Trenggono Trimulyo mengatakan, bahwa benih ikan yang telah dilepasliarkan selama program Sedekah Ikan Pasangan Pengantin (Sipatin) pada kurun waktu Januari - Juni 2022 sebanyak 38.500 ekor.

Beberapa jenis ikan yang direkomendasikan antara lain tawes, melem, dan wader.

“Ikan yang diperbolehkan untuk ditebar adalah jenis ikan yang bukan predator sehingga lingkungan ikan akan makin lestari," kata Trenggono Trimulyo.

Ia mengatakan konsep kegiatan tebar benih ini hanya bersifat sedekah tidak ada patokan kuota minimal atau sesuai dengan kemampuan masing-masing calon pengantin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jogja.disway.id