STT YBSI Tasikmalaya Bentuk Startup Edukasi

STT YBSI Tasikmalaya Bentuk Startup Edukasi

TASIK - Masa pandemi memasuki tahun kedua, Sekolah Tinggi Teknologi YBS Internasional (STT YBSI) Tasikmalaya tidak berhenti berkarya dan berinovasi, setelah masa inkubasi dan adaptasi di tahun 2020.


STT YBSI menggebrak kembali dunia teknologi khususnya di wilayah perguruan tinggi dan SMK/sederajat dengan membentuk Startup Edukasi yang penggeraknya merupakan mahasiswa dan dosen STT YBSI.

Ketua STT YBSI Tasikmalaya Dewanto Rosian Adhi MT mengatakan, startup yang dibidangi STT YBSI adalah meniti.id, meskipun baru dibentuk tahun 2021, tetapi inovasi yang diciptakan sudah bisa memberikan dampak yang mulai bisa dirasakan oleh kalangan mahasiswa, guru dan siswa.

“Visinya membantu mengemA­bangA­kan potensi SDM di masa pandemi dengan membantu mempertemukan siswa atau mahasiswa dengan guru dan dosen dalam proses transfer ilmu,” katanya.

Meniti.id memiliki beberapa program yaitu Edukasi Webinar Event. Pada program ini meniti.id bekerjasama dengan Guru SMK untuk menyelanggarkan webinar bersama. Guru SMK diberikan kemudahan dengan hanya tinggal menyiapkan dan mempresentasikan materi. Mengenai teknis room, pendaftaran, sertifikat dan lainnya dibantu oleh tim dari meniti.id.

Lanjutnya, meniti.id juga menyelenggarakan webinar dengan materi-materi yang membantu siswa dalam belajar khususnya di kejuruan yang berbasis teknologi seperti Jurusan TKJ, RPL, MM, SIJA dan lain-lain. Selain itu ada progam Master Class dan New Normal Class.

“Event yang baru-baru ini dilaksanakan yaitu webinar bersama SMKN 1 Padaherang dengan narasumber Dian Lestiani SPd MTA MTCNA selaku Kepala Prodi Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 1 Padaherang,” ujarnya.

Webinar dihadiri sekitar 200 peserta yang berasal dari kalangan guru, siswa dan mahasiswa serta umum yang tersebar dari beberapa daerah seperti Gorontalo, Semarang, Jogja dan wilayah Priangan Timur.

Ada juga webinar yang dilaksanakan bersama SMK Muhammadiyah Kawali dengan Narasumber Imron Rosadi MTCNA selaku guru produktif SMK Muhammadiyah Kawali Kabupaten Ciamis.

Event lainnya yaitu New Normal Class yang dilaksanakan di SMK Purwadadi Kabupaten Ciamis dengan meneyelanggarkan pelatihan Design Tiga Dimensi untuk dijadikan sebagai produk 3D printing.

“Ke depan ada sekitar 10 kali webinar dan new normal class yang akan kita laksanakan, saA­lah satunya dengan tema yang berhubungan dengan programming dan multimedia,” katanya.

Sementara itu, pada era new normal ini, STT YBSI membuka pendaftaran mahasiswa baru TA 2021/2022 secara daring yang bisa di akses melalui pmb.sttybsi.ac.id. (rls/na)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: