Inggris: Cuaca Panas Bisa Mengakibatkan Kematian

Inggris: Cuaca Panas Bisa Mengakibatkan Kematian

INGGRIS, RADARTASIK.COMINGGRIS telah mengeluarkan peringatan darurat nasional pertamanya karena naiknya suhu di musim panas.

Pemerintah INGGRIS memperingatkan pada hari Jumat 15 Juli kemarin bahwa rekor kenaikan suhu diperkirakan dating minggu depan dan dapat menyebabkan penyakit dan kematian bahkan di antara orang yang sehat dan bugar.

Kantor Meteorologi INGGRIS membunyikan alarm pada Jumat pagi dengan menaikkan tingkat Peringatan Kesehatan akibat cuaca panas menjadi merah.

BACA JUGA:Suhu Mencapai 40,2 Derajat Celcius, Jepang Dilanda Gelombang Cuaca Panas Terburuk Sejak Tahun 1875

Hal itu menunjukkan bahwa gelombang panas yang akan datang merupakan keadaan darurat nasional. Suhu di Inggris diperkirakan mencapai 40 derajat Celcius pada minggu depan yang akan menjadi rekor untuk Inggris.

Peringatan menunjukkan gelombang panas sangat parah dan/atau berkepanjangan sehingga dampaknya meluas di luar sistem perawatan kesehatan dan social menurut badan pemerintah.

“Pada tingkat ini, penyakit dan kematian dapat terjadi di antara yang sehat dan bugar dan tidak hanya pada kelompok berisiko tinggi,” kata Kantor Meteorologi Inggris (MET) dikutip dari Russian Today.

MET kemudian menyarankan untuk menutup tirai mereka di kamar yang menghadap matahari, minum banyak cairan dan mengawasi anak-anak yang lebih muda serta anggota keluarga yang lebih tua.

Tidak seperti di Amerika, kebanyakan rumah Inggris tidak memiliki peralatan AC.

Sistem peringatan tersebut baru diperkenalkan pada tahun 2021 dan Organisasi Kesehatan Dunia telah menyerukan agar sistem tersebut diperkenalkan di seluruh dunia sejak 2016.

WHO mengklaim perubahan iklim akan mengakibatkan lebih sering dan gelombang panas yang intens dalam abad ini.

“Kami telah melihat ketika perubahan iklim telah mendorong peristiwa cuaca buruk yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh dunia, akan sulit bagi orang untuk membuat keputusan terbaik dalam situasi ini," kata Kepala Eksekutif Kantor MET, Penny Endersby dalam sebuah pernyataan.

"Tolong dengarkan  peringatan yang kami berikan dengan serius seperti peringatan merah atau kuning dari kami untuk angin atau salju," lanjutnya.

Inggris mencatat suhu terpanasnya pada tahun 2019 di Cambridge mencapai 38,7 derajat celsius pada bulan Juli 2019.

Namun gelombang panas yang hebat telah dicatat secara berkala sejak pencatatan dimulai pada awal abad ke-20.

Tahun 1976 dan 1995 merupakan musim panas terkering yang pernah tercatat di Inggris Raya dengan suhu mencapai 36 derajat pada tahun 1976 dan kekeringan berlangsung dari Juni hingga Oktober.

Inggris juga mengalami gelombang panas yang terkenal intens pada tahun 1808, saat itu suhu diyakini telah mencapai antara 37 dan 38,5 derajat di Inggris pada bulan Juli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today