Di Bandung 50 Kg Jeroan Sapi Dibuang karena Ada Cacing Hati

Di Bandung 50 Kg Jeroan Sapi Dibuang karena Ada Cacing Hati

BANDUNG, RADARTASIK.COM - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kota Bandung menemukan adanya cacing pada sejumlah jeroan hewan kurban sapi yang disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) UPT DKP Kota Bandung di hari pertama Idul Adha.

Kepala DKPP Kota bandung Gin Gin Ginanjar menuturkan dari 35 ekor sapi yang disembelih terkumpul 50 kg jeroan yang dibuang.

BACA JUGA:Cegah PMK, Golkar Bagikan 93 Ekor Sapi dan 48 Kambing Kurban

"Jeroan sapi terdiri dari bagian hati, jantung, dan paru. Paling banyak cacing hati yang biasa tumbuh di hati," ucap Gin Gin ditemui di RPH Coroyom, Jalan Arjuna Cicendo Kota Bandung, Minggu 10 Juli 2022.

Gin Gin menambahkan, jeroan-jeroan tersebut dikuburkan. Karena jeroan yang terinfeksi tidak boleh dimakan, tapi daging sapinya aman untuk dikonsumsi.

BACA JUGA:Dedi Mulyadi Bersedih, Lepas Sapi Kesayangan untuk Dikurbankan

"Kami periksa seberapa banyak menyebarnya, makanya itu bagian postmortemnya saja yang dibuang," tuturnya.

Untuk menjaga kehigienisan daging kurban, dianjurkan supaya gading segera direbus denga air mendidih selama 30 menit.

BACA JUGA:Sapi Presiden Jokowi Akan Disembelih JIC, Subki : Rencananya Senin Disembelih

Dia menambahkan sebelum hewan kurban disembelih, pihaknya melakukan pengecekan berkala. Untuk memastikan hewan tidak terserang penyakit mulut dan kuku (PMK).

Pengecekan surat keterangan kesehatan hewan (KKH) juga dilakukan tim pemeriksa sesaat hewan kurban akan ditiupkan ke rumah jagal.

BACA JUGA:Waduh, Sapi Kurban di Cibeureum Ngamuk dan Masuk Sumur

"SKKH itu ditanyakan, tetapi di luar itu pun kami ada pemeriksaan ulang. Kalau pun ada surat tetapi secara fisik tidak memungkinkan, akan ditolak. Kami periksa ulang saat masuk dan diperiksa lagi setelah dipotong," tutupny. (jpnn) 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: