Kreatif, Petugas Damkar di Kota Tasik Budidayakan Ikan Koi, Emas dan Beternak Ayam di Waktu Senggang

Kreatif, Petugas Damkar di Kota Tasik Budidayakan Ikan Koi, Emas dan Beternak Ayam di Waktu Senggang

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM — Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kota Tasikmalaya ternyata tak hanya piawai menjinakkan api. Mereka juga kini tengah menggeluti dunia pembudidayaan ikan dan beternak ayam.

Selasa 4 Juli 2022 siang, radartasik.com mengunjungi Markas Komando (Mako) Damkar Kota Tasikmalaya di Jalan Letnan Harun, Kota Tasikmalaya. 

Markas Damkar di Jalan Letnan Harun, Kota Tasikmalaya adalah markas baru mereka. Sebelumnya, mereka menempati eks Terminal Cilembang.

Kini, Mako Damkar berada di Depo Ikan Jalan Letnan Harun. 

Di sana, Mako Damkar berdampingan dengan area kolam-kolam ikan. Hal ini menjadi dasar mereka menggeluti juga dunia peternakan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Damkar Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar membenarkan bahwa timnya disela kesibukan menjinakkan kebakaran dan melayani masyarakat, juga belajar menjadi peternak.

Damkar di lokasi Mako ini menyewa sekitar 5 kolam ikan ke UPTD Depo Ikan. 

Di 5 kolam itu, tim Damkar menebar 3.000 benih ikan Koi, mengembangbiakkan indukan ikan Emas Lokal, lalu ikan Bawal, Mujair, patin dan lain sebagainya.

Menurut Ucu, hal ini dilakukan pihaknya disela waktu senggang ketika tak ada tugas menjinakkan si jago merah. 

Para ASN Damkar dan relawan juga beternak ayam pelung, ayam adu, ayam kate dan ayam ketawa di Mako ini.

"Ini adalah program peningkatan kapasitas ekonomi dari kita. Jadi, kita kan sering mendapat kunjungan dari pelajar TK," paparnya.

"Jadi sekalian mengenalkan Damkar, kita juga mempromosikan Depo Pasar Ikan kepada orang tua yang mengantar anaknya. Efeknya orang tua siswa menjadi kenal bahwa di sini adalah pasar ikan," sambungnya.

Pihaknya menyewa kolam-kolam di Depo Ikan itu menggunakan dana swadaya dari kas para petugas Damkar. 

"Ini swadaya ya. Kita menyewa kolam ini dari uang kas yang dikumpulkan tim kita. Swadaya kita sewa kolam ikan ini. Tak bergantung dari sekretariat ya," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: