Pandemi Covid-19, Anak Belajar Melalui Media Ilustrasi

Pandemi Covid-19, Anak Belajar Melalui Media Ilustrasi

Oleh : Abdul Gofurrurohim

TASIKMALAYA — Setahun sudah, warga negara Indonesia mengalami pandemi Covid-19. 

Di awal tahun 2021 ini, masyarakat Indonesia masih melakukan berbagai aktivitas di rumah masing-masing. 

Hal-hal yang dilakukan seperti bekerja dan belajar dilakukan di rumah dan pembatasan berbagai kegiatan seperti belanja dan bermain.

Dalam hal ini, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pun terpanggil, salah satunya melalui program KKN Tematik PPD Covid-19 yang merupakan suatu kontribusi nyata. 

Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN), Mahasiswa UPI dapat berkontribusi dalam pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 ini. 

KKN mulai dilakukan pada 4 Febuari 2021-14 Maret 2021 di lokasi masing-masing atas arahan, Dra. Katiah, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)

Pada bulan Maret 2020, Penutupan sementara lembaga pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah adalah sebagai upaya menahan penyebaran Covid-19 diseluruh wilayah di Indonesia. 

Belajar yang dilakukan di rumah secara daring mengakibatkan banyak pihak yang mengeluh. 

Selain permasalahan seperti sulitnya akses internet dan kuota, masalah yang dialami terutama oleh siswa dan orangtua siswa yaitu sulitnya memahami materi yang diajarkan serta kejenuhan yang terjadi akibat belajar sendiri. 
Keadaan seperti itu tentunya harus segera dicari solusinya.
Berdasarkan hal tersebut, berbagai himbauan serta program dalam memberikan semangat serta dukungan demi kelancaran proses belajar dilakukan dimana-mana. 

Disamping itu program-program dilakukan perlu dikemas dengan semenarik mungkin. 

Program yang bisa dilakukan adalah memasukan ilustrasi kedalam media pembelajaran, seperti yang di unggah dalam akun instagram “espe.design” berjudul cara membuat poster yang menarik. 

Media pembelajaran melalui ilustrasi ini juga menjadi salah satu program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan dalam rangka KKN Tematik PPD Covid-19, Universitas Pendidikan Indonesia.

Media pembelajaran melalui ilustrasi ini ditujukan kepada siswa SD kelas IV. Media pembelajaran ilustrasi dirasa merupakan media yang paling tepat untuk meningkatkan pengetahuan dan merangsang daya imajinasi siswa dalam membuat poster. 

Sehingga diharapkan dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa khususnya di mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK). 

Selain itu, dengan menggunakan ilustrasi disetiap pembelajaran membuat siswa tidak mudah jenuh dalam proses belajar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: