Puluhan Kaum Milenial Garut Dilatih Membatik

Puluhan Kaum Milenial Garut Dilatih Membatik

TAROGONG KIDUL — Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) bersama Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (Diskop UKM) Kabupaten Garut mengadakan pelatihan vokasi membatik tingkat dasar. Kegiatan yang diadakan di sebuah resort di Kecamatan Tarogong Kidul itu diikuti sekitar 30 kaum milenial.


Ketua Dekranasda Garut Diah Kurniasari mengatakan kegiatan pelatihan membatik diadakan untuk meningkatkan minat membatik.

“Kita berikan ilmu membatik supaya anak muda di Garut bisa menjadi penerus membatik para orang tua. Batik Garut ini merupakan salah satu ikon yang patut dilestarikan,” ujarnya kemarin (9/3/2021).

Diah berharap para peserta tidak hanya berhenti di tingkat dasar, namun bisa ke tingkat yang lebih tingggi serta bisa mencintai Kabupaten Garut melalui karya batik Garutan.

“Mudah-mudahan anak-anak ku semua selain bisa membatik juga bisa membuat pola dan model batik garutan bisa lebih inovatif,” ucapnya.


Kepala Seksi Promosi dan Kemitraan Usaha Koperasi dan Usaha Kecil Mikro Diskop UKM Kabupaten Garut Yadi Arriyadi mengatakan dengan pelatihan membatik, diharapkan dapat melahirkan wirausaha baru di bidang kerajinan.

“Pelatihan ini dihadirkan sebagai upaya untuk melestarikan warisan leluhur yaitu Batik Garutan, di mana saat ini perajin Batik Garutan jumlahnya semakin menipis, sehingga perlu dilakukan regenerasi,” ujarnya.

Maka dari itu, kata dia, pelatihan membatik tidak cukup hanya pelatihan tingkat dasar, tetapi harus dilakukan pelatihan tingkat lanjutan. “Jangan hanya sampai di sini saja, pelatihan batik ini harus berkelanjutan,” ujarnya.

Sementara itu, Karenita (17), salah satu peserta mengaku senang bisa mengikuti pelatihan membatik. Dengan mengikuti kegiatan ini dirinya berharap bisa mendapat peluang usaha Batik Garutan. “Sangat senang, menambah pengalaman, menambah ilmu,” ungkapnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: