PGRI Kota Tasik Komitmen Wujudkan SDM Pendidik Unggul

PGRI Kota Tasik Komitmen Wujudkan SDM Pendidik Unggul

TASIK - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Tasikmalaya siap melaksanakan pembangunan sumber daya masyarakat (SDM) yang cerdas dan peningkatan mutu pendidikan yang adaptif. Komitmen itu, disampaikan pada Konferensi Kerja ke-1 di Gedung PGRI Kota Tasikmalaya, Selasa (9/3/2021).


Ketua PGRI Kota Tasikmalaya Dodo Agus Nurjaman SPd mengatakan, arah kebijakan konferensi ini, sesuai dengan tema yang diusung yakni Peran Strategis PGRI dalam Mewujudkan SDM Indonesia Unggul. Hal ini, menjadi peluang emas untuk menyerap ide dan gagasan anggota PGRI Kota Tasikmalaya.

”Tentunya agar PGRI lebih inovatif, adaptif dan kolaboratif untuk mewujudkan fondasi SDM yang unggul,” katanya kepada Radar, Selasa (9/3/2021).

Dalam rapat kerja ini, kata Dodo, hadir pengurus PGRI Cabang se- Kota Tasikmalaya dan PGRI Kota Tasikmalaya. Tujuannya untuk menyepakati dan menyukseskan langkah program PGRI Kota Tasikmalaya minimal satu tahun ke depan.

“Dengan pertemuan ini, berharap PGRI Kota Tasikmalaya memiliki program satu tahun ke depan yang efektif, efisien dan terarah,” ujarnya.

Baca juga : Menakar Kompetensi Guru di Tasikmalaya Lewat Lomba

Sambung Dodo, PGRI kini memiliki visi untuk meningkatkan kesejahteraan, profesional, dan perlindungan hukum untuk para tenaga-tenaga yang ada di dunia pendidikan.

Sejatinya, lanjutnya ia, dalam rapat kerja ini bisa melahirkan kebijakan dari PGRI yang bersinergi, meningkatkan kerja keras, dan kerja cerdas. “Hasilnya pun dapat menunjang percepatan peningkatan mutu pendidikan,” katanya.

Ketua PGRI Jawa Barat Drs H Dede Amar MMPd mengapresiasi PGRI Kota Tasikmalaya yang bisa melaksanakan kewajibannya sesuai dengan AD/ART.

“Saya mengapresiasi PGRI Kota Tasikmalaya melaksanakan konferensi ini tepat waktu sehingga bisa merancang program yang sempurna untuk peningkatan kualitas pendidikan,” ujarnya.

Pihaknya meminta organisasi profesi ini bisa mengarah pada pembenahan SDM. Untuk mewujudkan ini, maka harus melakukan peningkatan pendidikan, seperti negara Finlandia yang memiliki kualitas pendidikan nomor satu di dunia.

“Mari saling mengedepankan kepentingan pendidikan. Utamanya pemerintah harus memerhatikan kesejahteraan guru,” katanya.

Ia pun memotivasi guru agar selalu semangat, menjaga kesehatan, dan menikmati pembelajaran daring di masa pademi Covid-19. “Guru harus selalu semangat dan harus menjaga protokol kesehatan,” ujarnya.

Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Dede Muharam mengajak para guru untuk mempunyai rasa memiliki organisasi. “Dengan guru memiliki jiwa berorganisasi yang besar bisa terus menghidupi organisasi bukan malah berorganisasi untuk hidup,” katanya.

Kemudian, guru yang mengikuti organisasi harus memiliki mentalitas, moralitas dan integritas. Hal ini, untuk mencapai kekuatan organisasi. “Ketika organisasi profesi ini solid dan kuat, bisa tumbuh dengan baik dan konsepnya tertata rapi,” ujarnya.

Selain itu, saat PGRI ingin mencetak SDM unggul, pihaknya mendukung. Oleh karena itu, harus memiliki konsep yang jelas. “PGRI harus kreatif, inovatif, kolaboratif, adaptif sehingga tidak lagi bersifat kolonial. Karena tantangan di dunia pendidikan semakin banyak,” katanya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: