Sempat Viral, Pemilik Mobil dengan Plat Nomor TNI Palsu Diamankan POM TNI

Sempat Viral, Pemilik Mobil dengan Plat  Nomor TNI Palsu Diamankan POM TNI

JAKARTA — Pusat Polisi Militer (POM) TNI berhasil mengidentifikasi dan mengamankan pemilik mobil Toyota Camry yang menggunakan plat nomor dinas TNI palsu. Pelaku adalah seorang perempuan bernama RHK alias Pooja, dan yang bersangkutan mengakui perbuatannya.

Kepala Bidang Penerangan Umum (Kabidpenum) Puspen TNI Kolonel  Laut (KH) Edys Riyanto, membenarkan penangkapan salah seorang warga Bandung tersebut. Mobil yang digunakan oleh pelaku sebetulnya kendaraan pribadi, bukan kendaraan dinas TNI.

''Sekitar pukul 23.30 WIB, Puspom TNI dan Anggota Lidpam Pomdam III/Siliwangi, serta Lidpam Denpom III/5 Bandung, beserta Satlak Gakkum Wal Denpom III, telah mengamankan kendaraan sipil beserta dengan pelaku yang menggunakan plat nomor dinas TNI,'' kata Edys dalam keterangan tertulis, Kamis (04/03).

Edys menerangkan, saat ini POM TNI sedang melakukan pemeriksaan terhadap pelaku untuk dilakukan pengembangan. Termasuk mencari apa motif pelaku memakai plat dinas bodong untuk mobil pribadi. 

''Bila nanti dari hasil  penyelidikan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku ditemukan unsur pidana maka TNI akan melimpahkan kasusnya ke Polrestabes Bandung, Jawa Barat,'' imbuhnya.

Sebelumnya, viral sebuah video di media sosial yang memperlihatkan kendaraan Toyota Camry berplat nomor dinas TNI diduga digunakan oleh warga sipil. Video pendek itu diunggah oleh akun TikTok @ryan_veyex0912, dan turut diviralkan oleh akun instagram @lambe_turah. Unggahan tersebut kemudian memancing komentar beraneka ragam dari warganet.

Video itu tampak direkam sendiri oleh salah satu penumpang perempuan di mobil tersebut. Mobil itu terlihat memakai plat nomor 3423-00 berwarna merah.

Perekam video terlihat menyorot kendaraannya dari arah belakang. Dia kemudian membukakan pintu belakang kiri mobil untuk seorang anak kecil berkaos biru. Lalu dia masuk ke dalam mobil dan duduk di pintu depan kiri. 

Saat hendak masuk ke mobil, perekam mengarahkan kamera ponselnya ke kaca jendela mobil. Dari pantulan cahaya terlihat jika perekam berjenis kelamin perempuan.

Tak lama setelah unggahan itu viral di media sosial, Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad melakukan klarifikasi sekaligus memastikan bahwa plat nomor yang digunakan Toyota Camry tersebut tidak terdaftar. Bahkan pihaknya sudah melakukan pengecekan, dan tidak menemukan kecocokan dengan mobil dinas TNI manapun. 

''Ya plat nomor dinas tidak teregistrasi atau bodong, sedang dilacak oleh Satprov Denma,'' kata Achmad saat dikonfirmasi, Rabu (03/03/21). (jpg/red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: