Belasan Tahun Warga Sukarame Tasik Dambakan Jalan Mulus

Belasan Tahun Warga Sukarame  Tasik Dambakan Jalan Mulus

SUKARAME - Warga Desa Sukamenak Kecamatan Sukarame sudah belasan tahun mendambakan akses jalan yang layak. Pasalnya, sampai saat ini belum kunjung ada perbaikan, padahal kondisi jalan sudah benar-benar rusak dan membuat aktivitas warga terhambat.

“Jalan tersebut sudah puluhan tahun mengalami kerusakan dan hingga saat ini belum terlihat akan diperbaiki. Status jalan tersebut merupakan jalan Kabupaten Tasikmalaya,” ujar Kepala Desa Sukamenak Kecamatan Sukarame Kabupaten Tasikmalaya Sukarna kepada Radar, Rabu (3/3/2021).

Sukarna mengatakan, jalan tersebut merupakan akses utama penghubung antar kota dan kabupaten. Desa Sukamenak Kecamatan Sukarame Kabupaten Tasikmalaya dengan Kelurahan Cibeuti Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya.

Kurang lebih jalan yang rusak tersebut panjangnya mencapai 1,5 km dan kerusakan jalan sudah berlangsung sekitar 15 tahun. Tidak sedikit warga yang mempertanyakan kapan akan diperbaiki jalan tersebut, namun dikarenakan jalan tersebut berstatus kabupaten.

Untuk pengajuan perbaikan, sering dilakukan. Namun mungkin anggaran terbatas dan banyak jalan yang harus diperbaiki, sehingga harus menunggu. “Mudah-mudahan saja tahun ini bisa jadi prioritas untuk diperbaiki. Mudah-mudahan ada langkah dan upaya untuk pengasapalan jalan, jangan sampai dibiarkan terbengkalai terlalu lama. Pasalnya akan tambah parah rusaknya, terlebih sekarang musim hujan. Sebagian akses jalan juga ada yang berlubang.

“Warga hanya dapat berharap dan menunggu jalan itu segera diperbaiki dan kami tidak akan bosan-bosan melakukan usulan perbaikan jalan itu, sampai pemerintah benar-benar merealisasikannya,” ucapnya.

Ketua RW 09 Kampung Sirnagalih, Nandang mengatakan, akses jalan merupakan salah satu penunjang utama bagi kemajuan desa dan meningkatnya ekonomi masyarakat. Namun jika kondisi jalan tersebut tidak kunjung diperbaiki oleh pemerintah maka akan menghambat perekonomian warga. 

“Intinya kami meminta Pemkab Tasikmalaya segera memperbaiki jalan di wilayah kami itu,” harap dia. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: