Guru PAUD Kota Tasik Prioritas Vaksinasi Covid-19

Guru PAUD Kota Tasik Prioritas Vaksinasi Covid-19

TASIK - Menteri Pendidikan dan KebuA­dayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyebutkan prioritas vaksinasi Covid-19 adaA­lah guru jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terlebih dahulu, lalu disusul guru tingkat Sekolah DaA­sar (SD) hingga perguruan tinggi.

Kepala Bidang PAUDNI Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya N Eros Nuryanti SSos mengatakan, sesuai instruksi Mendikbud, prioritas vakA­sin dialokasikan untuk guru yang mengajar jenjang yang lebih muda dahulu. Dari jenjang PAUD, baru jenjang SD hingga perguruan tinggi.

”Alasan prioritas guru PAUD ini untuk mendukung pembelajaran yang efektif, karena semakin muda usia siswa akan sulit melakukan pendidikan jarak jauh,” katanya kepada Radar, Selasa (2/3/2021).

Siswa jenjang PAUD, sambungnya, membutuhkan interaksi fisik dan pembelajaran tatap muka.


Dia pun menyebutkan, sebanyak 1.200 guru PAUD se-Kota Tasikmalaya diharapkan bisa divaksin. “Karena anak usia dini lebih rentan terhadap Covid-19, maka sangat pas bila pemeA­rintah mengutamakan vakA­sinasi untuk guru PAUD.  Dengan beA­gitu, mudah-mudahan lebih cepat melakA­sanakan sekolah kembali,” katanya.

Selain itu, N Eros meyakinkan kepada guru PAUD untuk siap mengikuti program pemerintah yaitu vaksinasi Covid-19. Tentunya untuk mewujudkan masyarakat sehat dan produktif.

“Kalau ingin terhindar Covid-19 harus mau divaksin sehingga guru jangan pernah menolak,” ujarnya.

Senada, Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kota Tasikmalaya Dede Sapariyah SPd MPd menjelaskan, guru-guru PAUD sudah melakukan pendaftaran vaksinasi.

“Kita sudah melakukan pengisian biodata diri untuk mengikuti vaksinasi. Kalau yang sudah mengisi berarti otomatis siap,” katanya.

Menurutnya, vaksinasi Covid-19 demi kesehatan para guru dan orang di sekitarnya. Namun tetap disiplin menggunakan protokol kesehatan yang  ketat.

“Manfaatnya bisa tenang dalam menjalankan tugas sebagai pendidik atau saat beraktivitas,” ujarnya.

Kemudian, dia menyambut baik ketika guru PAUD diprioritaskan terlebih dahulu untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

“Kita siap kalau ditunjuk pertama kali untuk vaksinasi Covid-19 untuk guru. Karena kami hanya mengikuti jadwal dari pemerintah Kota Tasikmalaya,” katanya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: