ODGJ Jalanan Kerap Bahayakan Warga Pangandaran

ODGJ Jalanan Kerap Bahayakan Warga Pangandaran

PANGANDARAN - Perilaku Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) kerap membuat masyarakat Pangandaran resah, apalagi kebanyakan di antara mereka tidak memakai busana.


Salah seorang warga, Syamsul (34) mengaku sangat resah dengan banyaknya ODGJ yang berkeliaran di sekitar Pangandaran. “Bahkan di antaranya tidak memakai pakaian sama sekali, itu membuat risih,” katanya kepada Radar, Minggu (28/2/2021).

Menurut dia, perilaku ODGJ ini kadang membuat resah dengan tindakan-tindakan yang membahayakan masyarakat lainnya. “Mereka kadang melempar batu, yang jelas-jelas membahayakan,” tuturnya.

Dia tidak tahu dari mana datangnya para ODGJ tersebut, yang jelas mereka yang ada di jalanan bukan warga Pangandaran. “Yakin bukan orang Pangandaran,” jelasnya.

Pakar Kejiwaan asal Pangandaran DeA­de Adriansyah mengA­klaA­sifikasikan ODGJ menjadi dua yakni ODGJ jalanan dan rumahan. 

“Kalau rumahan ya mereka yang masih diurus keluarganya, kalau ODGJ jalanan itu tidak jelas idenA­titasnya dan meA­reka seringnya berkeliaran di luar,” tuturnya. Saat ini banyak ODGJ yang sudah diobati, termasuk ODGJ dari jalanan. “Ya kita tidak beda-bedakan,” ucapnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: