Warga Kujangsari Kota Banjar Terpapar Chikungunya

Warga Kujangsari Kota Banjar Terpapar Chikungunya

BANJAR — Masyarakat saat ini tidak hanya dihadapi wabah Covid-19. Penyakit lainnya pun muncul, salah satunya chikungunya. Dua warga di dua dusun yang berbeda di Desa Kujangsari Kecamatan Langensari pun terjangkit penyakit tersebut.

Kepala Desa Kujangsari Mujahidin SAg membenarkan hal itu. Ada dua warga yang terserang atau terjangkit chikungunya, yakni di Dusun Citangkolo dan Kalapasabrang. Keduanya sudah menjalani pengobatan di puskesmas terdekat.

“Mereka yang terserang chikungunya sudah berobat ke Puskesmas  (Langensari I, Red),” kata dia kepada wartawan, Jumat (26/2/2021). 

Dia mengatakan setelah kejadian tersebut sebanyak 21 rumah yang lokasinya tidak jauh dari rumah yang bersangkutan diobservasi. Memastikan, apakah di sekitar rumah terdapat jentik nyamuk atau tidak.

Setelah dilakukan observasi, ditemukan jentik nyamuk di sekitar rumah warga. Warga pun kemudian melakukan PSN (pemberantasan sarang nyamuk).

“Makanya tadi (kemarin, Red) dilakukan fogging oleh petugas Dinkes dan puskesmas. Memberantas nyamuk yang dewasa,” kata dia.

Terpisah, Kabid P2P Dinkes Kota Banjar dr H Agus Eka mengatakan fogging di Desa Kujangsari Kecamatan Langensari dilakukan untuk memberantas nyamuk dewasa.

“Di sana (Desa Kujangsari, Red) merupakan wilayah epidemiologi, sehingga oleh petugas dilakukan fogging. Jangan sampai nanti timbul kasus DBD,” ujarnya. (nto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: