SDM Unggul dan Berdaya Saing Jadi Prioritas

SDM Unggul dan Berdaya Saing Jadi Prioritas

TASIK - Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Sektoral tahun 2021 di Aula Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Kamis (25/2/2021).

Tujuannya untuk merencanakan langkah strategis pendidikan dalam pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.

Kegiatan dihadiri oleh Plt Wali Kota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf, Ketua Komisi IV DPRD Dede Muharam, Kepala Dinas Kota Pendidikan H Budiaman Sanusi SSos serta Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Dindin Saefudin Ahmad.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya H Mohammad Dani SPd MM mengatakan, Musrenbang ini untuk mempersiapkan penyusunan program di satuan pendidikan agar lebih matang pada tahun 2022. Atas dasar itu, untuk mencapai tujuan pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul.

“Musrenbang tahun ini untuk penyerapan aspirasi program 2022, yang temanya mengarah pada prioritas peningkatan SDM.  Hal itu, wujud membentuk dan memperkuat guru, siswa, dan tenaga kependidikan yang lebih baik,” katanya kepada Radar, Kamis (25/2/2021).

Langkah pemanfaatan Musrenbang tersebut, nantinya dapat peningkatan kapasitas dan kualitas di satuan pendidikan. Hasilnya bisa menciptakan SDM yang tangguh dan berkualitas.

“Dampak positifnya terhadap peningkatan daya saing dan sistem pendidikan yang bermutu,” ujarnya.

Kemudian, Musrenbang juga mendukung peningkatan mutu pendidikan di masa pandemi Covid-19. Karena penyelenggaraan pendidikan saat ini kurang efektif dengan menggunakan daring dan peningkatan kompetensi guru relatif terhambat virtual sehingga kemampuan berkurang.

“Di masa pandemi Covid-19 ini perlu penataan terhadap sistem pendidikan secara menyeluruh. Terutama berkaitan dengan kualitas pendidikan dan sesuai kebutuhan masyarakat,” katanya.

Musrenbang ini melakukan pengelolaan aspirasi dari semua komponen pemangku kepentingan di sektor satuan pendidikan, baik di PAUD hingga SMP.

“Usulannya sekarang paling banyak di PAUD atau sekolah swasta karena berhubungan dengan pendidikan yang dikelola oleh  masyarakat. Biasanya berhubungan pemenuhan sarana dan prasarana untuk peningkatan kualitas pelayanan mutu pendidikan,” ujarnya.

Plt Wali Kota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf berharap prioritas pembangunan daerah tahun 2021/2022 khusus bidang pendidikan adalah peningkatan implementasi tata nilai kehidupan dan kualitas sumber daya manusia. Serta pelayanan dasar, untuk peningkatan akses dan kualitas pendidikan.

“Besar harapan melalui forum ini seluruh pemangku kepentingan dapat membangun koordinasi yang harmonis. Tentunya dalam rangka peningkatan kualitas perencanaan pembangunan sektoral bidang pendidikan yang lebih baik dan merata,” katanya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: