Ciamis Terima Lagi 17.300 Dosis Vaksin, Tapi Beda Merek

Ciamis Terima Lagi 17.300 Dosis Vaksin, Tapi Beda Merek

CIAMIS — Pemerintah Kabupaten Ciamis kembali menerima tambahan vaksin Covid-19 dari Pemprov Jabar, Rabu (24/2/2021). Jumlah vaksin tersebut sebanyak 17.300 dosis yang diprioritaskan untuk TNI-Polri.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis dr Bayu Yudiawan mengatakan, merek vaksin yang dikirimkan kali ini berbeda dari sebelumnya. Distribusi tahap pertama mereknya Sinovac, sedangkan sekarang Sinopharm.

“Pendistribusian kali ini untuk tahap dua dengan sasaran pelayan publik. Totalnya dibutuhkan 24.000 dosis, namun yang baru datang sebanyak 17.300 dosis saja. Untuk itu kita masih kekurangan sekitar tujuh ribu dosis lagi untuk yang tahap dua. Jadi masih kurang 2.500 untuk tahap satu bagi para nakes,” ujarnya, menjelaskan.

Kata dia, vaksinasi tahap pertama yang menjadi sasaran prioritas adalah tenaga kesehatan ditargetkan selesai akhir Februari.

Sedangkan untuk tahap dua ini, penyuntikan vaksin akan dilaksanakan pada Maret dengan yang didahulukan adalah pihak-pihak berkaitan dengan layanan publik,  seperti TNI-Polri diutamakan. “Semoga nanti bisa semua terlayani dengan baik dan bisa divaksin,” katanya.

Kata Bayu, vaksinasi tahap pertama yang sudah dilaksanakan berjalan lancar tanpa kendala. Namun, hanya ada beberapa tenaga kesehatan yang belum atau sempat tertunda karena beberapa hal. “Walaupun sudah divaksin tetap jangan mengabaikan protokol kesehatan,” ujarnya.

“Karena untuk membentuk kekebalan tubuh 28 hari setelah dilakukan vaksinasi, makanya sudah divaksin sekalipun tetap menerapkan protokol kesehatan agar tidak terpapar Covid-19,” tuntasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: