Usai Divaksin, 2 Nakes di Kota Banjar Terpapar Covid-19

Usai Divaksin, 2 Nakes di Kota Banjar Terpapar Covid-19

BANJAR — Dua tenaga kesehatan (nakes) terkonfirmasi positif Covid-19. Sebelumnya, dua tenaga kesehatan telah menjalani vaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar dr H Andi Bastian mengatakan kedua nakes tersebut yakni berinisial RH (31) salah satu dokter di puskesmas dan NH (45), petugas gizi di RSUD Kota Banjar.

“RH terkonfirmasi positif Covid-19 Rabu (17/2/2021) kemarin setelah beberapa hari dilakukan vaksinasi dosis kedua,” kata dia kepada wartawan, Senin (22/2/2021).

Sedangkan NH terkonfirmasi positif Covid-19 juga Rabu (17/2/2021) setelah dilakukan vaksinasi dosis pertama beberapa hari sebelumnya.

“Keduanya masuk kategori suspek, gejala ringan,” tandasnya.

Kata dia, keduanya saat diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 langsung menjalani isolasi mandiri di rumah. Keduanya tanpa gejala. 
Dia mengatakan meski sudah divaksin, keduanya masih bisa terpapar virus corona karena pembentukan antibodi dalam tubuh seseorang belum memasuki 28 hari setelah dilakukan vaksinasi.

“Kenapa, setelah di vaksin harus tetap prokes? Ya itu, jangan sampai terpapar Covid-19. Karena di hari 28 titer antibodi tertinggi baru terbentuk sampai puncaknya,” jelasnya.

Kasi Surveillans dan Imunisasi Dinkes Kota Banjar Kholilurokhim SKM menambahkan jumlah nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19 sampai saat ini mencapai 52 orang. Sebanyak 41 orang dari bidang pelayanan dan 11 orang administrasi.

“Nakes yang sudah divaksin dosis pertama sebanyak 1.378 orang. Dan dosis kedua baru 511 orang, sisanya menunggu pendistribusian tahap kedua karena stok vaksin hampir habis,” ujarnya. (nto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: