Longsor, Jalan Nasional Ciamis-Cirebon Sempat Lumpuh 12 Jam

Longsor, Jalan Nasional Ciamis-Cirebon Sempat Lumpuh 12 Jam

CIAMIS – Jalan Raya Ciamis-Cirebon di Kecamatan Kawali tertimbun material longsor hampir 12 jam dari pukul 01.18 dini hari sampai 13.00, Kamis (18/2/2021). Hal itu diungkapkan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis Memet Hikmat kepada Radar, kemarin.

Jalan mulai bisa dilalui kendaraan setalah dilakukan pembersihan material longsor menggunakan dua alat berat dan melibatkan berbagai unsur. Setelah mengerahkan dua alat berat, ditambah pemadam untuk menyemprot atau membersihkan jalan menggunakan air. Kendaraan bermotor sudah mulai bisa melintasi jalan tersebut.

“Kendaraan yang melintas pertama truk besar. Karena truk tersebut sudah tertahan di jalan itu sejak malam hari. Walaupun sudah bisa dilalui, pada siang tadi (kemarin) masih dilakukan buka tutup,” ujarnya, menjelaskan.

“Namun kita imbau harus tetap waspada, mengingat jalur yang masih dilapisi lumpur. Makanya uapaya kami melakukan penyemprotan oleh air dari truk tangki BPBD dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Ciamis agar lumpur menyingkir,” katanya, menambahkan.

Saat ini, kata dia, jalan tersebut sudah bisa dilalui seperti biasa. Akan tetapi, para pengendara diimbau tetap waspada saat melintasi jalan tersebut.

“Kami imbau kalau lewat jalan Ciamis Utara untuk selalu waspada karena rawan longsor, mengingat banyak tebing tinggi yang kapan saja bisa longsor,” ujarnya.

Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo SIK mengatakan, intensitas curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan tebing di Kawali setinggi 10 meter longsor menutupi akses jalan menuju Cirebon. Di mana,  jalan nasional sepanjang 15 meter yang tertibun material longsor.

“Saat kejadain longsor beberapa jam tersebut, jajaran melakukan beberapa pengalihan arus lalu lintas. Rekayasa ini dilakukan baik dari arah Ciamis menuju Cirebon maupun sebaliknya,” katanya.

“Personel kami di sini melakukan pemasangan rambu-rambu pengalihan arus sementara. Untuk pengalihan arus sendiri, sementara arus kendaraan dari arah Cirebon dialihkan melalui jalan Rajadesa sedangkan arus dari Ciamis dialihkan ke Jalan RSU Kawali,” katanya, menambahkan.

Zanuar menambahkan, evakuasi material longsor telah dilakukan para petugas BPBD dan relawan kebencanaan di wilayah Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. “Berkat kerja keras material longsor berhasil dibersihkan. Sehingga saat ini sudah bisa dilalui oleh kendaraan,” ucapnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: