Pegiat Sejarah TTD Sampaikan Aspirasi ke Kodim 0612 Tasikmalaya

Pegiat Sejarah TTD Sampaikan Aspirasi ke Kodim 0612 Tasikmalaya

TAWANG - Sejumlah pegiat sejarah yang tergabung dalam Tasikmalaya Tempo Dulu (TTD), menyampaikan aspirasinya terhadap Kodim 0612 Tasikmalaya.

Mereka sekaligus bersilaturahmi dan mendorong adanya perhatian untuk tugu-tugu monumental bersejarah yang belum terperhatikan.

Ketua TTD Nurapandi mengapresiasi para pemangku kebijakan yang sudah memelihara serta melestarikan sejumlah bangunan bersejarah yang ada. Namun, di sisi lain masih terdapat bangunan yang belum terpelihara dengan baik.

“Kami adalah salah satu elemen yang peduli akan nilai sejarah di Tasikmalaya. Maka kami mendorong supaya hal-hal bersejarah di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya bisa lebih diperhatikan,” tuturnya usai silaturahmi dengan Kodim, Kamis (18/2/2021).

Menurut dia, salah satu bangunan yang kurang terperhatikan yakni Tugu Siliwangi di Jalan Otto Iskandar Dinata, tepatnya di depan Kantor Bank Mandiri. Ia meminta pihak terkait yang mewenangi pemeliharaan tugu tersebut untuk memperhatikan agar lebih baik, supaya generasi saat ini bisa mengetahui nilai sejarah tugu tersebut.

“Monumen tersebut menjadi penanda bangunan itu pernah menjadi markas Divisi Siliwangi. Maka perlu diperhatikan supaya tidak hilang dan dilupakan begitu saja generasi saat ini,” tutur dia.

Sementara itu, Pasi Personalia Kodim 0612 Tasikmalaya Agus Arifin mengapresiasi adanya pegiat komunitas yang peduli berkenaan sejarah. Mengingat pentingnya nilai hostoris suatu daerah untuk diketahui generasi selanjutnya dan dimaknai sebagai semangat perjuangan.

“Kami insya allah akan support dan kolaborasi atas upaya rekan-rekan dalam menjaga nilai sejarah yang ada di daerah. Sebab, kami pun berpikiran serupa jangan sampai sejarah hilang begitu saja di suatu daerah,” harap dia. (igi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: