Tracas Perbaiki Jalan Rusak

Tracas Perbaiki Jalan Rusak

RADARTASIK, TASIKMALAYA – Buruknya jalan menuju Pasar Ciawi membuat komunitas Trail Adventure Ciawi Association (TRACAS) terketuk untuk swadaya memperbaiki jalan tersebut. Pasalnya, kondisinya sudah sangat parah dan sering memakan korban, pengendara yang terjatuh.

Ketua TRACAS Tasikmalaya Munir  Rustendi atau lebih akrab disapa Abah Munir mengatakan, perbaikan jalan secara swadaya ini merupakan inisiatif dari para anggota yang terketuk dan malu melihat kondisi jalan di Ciawi rusak parah. Bahkan, kondisi jalan seperti ini sering memakan korban jiwa.  

“Kami sering mendengar dan mendapat keluhan dari warga bahwa jalan rusak ini sangat mengganggu aktivitas, kemudian banyak yang jatuh. Akhirnya kami inisiatif swadaya untuk memperbaikinya, akhirnya terkumpul dana Rp 20 juta untuk menutupi lubang dengan batu dan semen, kemudian diratakan menggunakan stum mini,” ujarnya kepada Radar, Minggu (26/6/2022).

“Kondisi jalannya rusak cukup parah. Kami tidak ingin adanya korban yang terus berjatuhan. Selain itu juga daripada lama menunggu diperbaiki oleh pemerintah melalui dinas terkait, lebih baik diperbaiki sekarang meskipun swadaya,” ujarnya.

BACA JUGA: Mobil Patroli Polsek Sukaresik Terjebak Banjir, Ratusan Rumah Terendam

Abah Munir yang juga kepala Desa Sukamantri mengaku tidak butuh waktu lama dalam melaksanakan pembahasan dan realisasi perbaikan jalan ini. “Kami berkumpul beberapa kali dan akhirnya disepakati untuk melakukan perbaikan jalan, karena kehadiran TRACAS harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya, menjelaskan.

Menurut dia, perbaikan jalan ini bukan sebagai kritik terhadap pemerintah. Namun, ini murni inisiatif karena warga merasa tidak nyaman dengan kondisi jalan rusak. Kemudian, ini jalan merupakan akses penting untuk menunjang aktivitas perekonomian masyarakat. 

Sekmat Ciawi Roni Ruhimat SSos MSi menyebutkan, jalan menuju Pasar Ciawi yang kondisinya rusak sudah diajukan saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Namun, memang kebetulan di dinas terkait sudah dua tahun ke belakang anggarananya terkena refocusing.

“Setahu saya alokasi anggaran, baik dari Dana Alokasi Umum (DAU), Bantuan Provinsi (Banprov) terkena refocusing terus. Selain itu untuk pemeliharaan dan perbaikan jalan di Kabupaten Tasikmalaya, sudah ada prioritas,” kata dia.

Kata dia, adanya perbaikan jalan menuju Pasar Ciawi oleh komunitas motor ini patut diapresiasi. Karena ini merupakan akses jalan yang sangat penting, sehingga berterima kasih kepada komunitas sepeda motor yang sudah memperbaiki jalan secara swadaya. “Mudah-mudahan dinas terkait termotivasi dengan adanya swadaya masyarakat paguyuban yang melakukan perbaikan jalan. Ke depan anggaran untuk jalan diharapkan bisa lebih besar,” kata dia.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPUTRLH) Kabupaten Tasikmalaya Romi Gardara mengatakan, jalan di dekat Pasar Ciawi tersebut diusulkan di perubahan. “Jadi untuk perbaikan jalan Pasar Ciawi harus di permukaan jalan secara menyeluruh, keterbatasan anggaran jadi hal klasik bagi Dinas PUTRLH. Insyaallah di perubahan anggaran akan dilakukan pemeliharaan berkala dan untuk 2023 dilakukan peningkatan jalan,” ucapnya. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: