Pangandaran Diguncang 22 Kali Gempa

Pangandaran Diguncang 22 Kali Gempa

Radartasik, PANGANDARAN – Sejak awal Januari 2022, Kabupaten Pangandaran telah diguncang puluhan kali gempa, baik yang berpusat di Pangandaran maupun di daerah lain.

Menurut data dari Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran, gempa yang berpusat di Kabupaten Pangandaran terjadi sebanyak 22 kali.

Sementara gempa yang terjadi di daerah lain, tetapi terasa di Kabupaten Pangandaran terhitung sebanyak 68 kali gempa.

Dari data tersebut terlihat bahwa gempa terjadi sejak tanggal 2 Januari 2022 dan terakhir pada tanggal 24 Juni 2022 untuk yang berpusat di Kabupaten Pangandaran.

Dari 68 kali gempa itu, ada yang dirasakan getarannya oleh masyarakat, ada pula yang tidak terasa. Setidaknya ada tujuh kali gempa yang dirasakan oleh masyarakat, sisanya tidak dirasakan.

Gempa yang terjadi di Kabupaten Pangandaran, yang dirasakan oleh masyarakat hanya dirasakan tiga kali. Yakni yang berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR), 3,6 SR dan 3,9 SR.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pangandaran Kustiman mengatakan masyarakat tidak perlu panik saat terjadi gempa.

”Justru dari sekarang harus sudah dimulai tentang motivasi bencana, khususnya saat terjadi gempa,” tuturnya kepada Radar, Minggu (26/6/2022).

Menurut dia, bencana alam seperti gempa memang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. ”Yang harus dilakukan bersiap-siap dan tetap waspada,” ujarnya.

Tidak dipungkiri bahwa Kabupaten Pangandaran memang rawan terjadi bencana alam. ”Mungkin hanya gunung meletus saja yang jauh dari Pangandaran,” katanya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: