185 Calhaj Berangkat, 24 Gagal

185 Calhaj Berangkat, 24 Gagal

Radartasik, PANGANDARAN – Calon jemaah haji (calhaj) asal Kabupaten Pangandaran berangkat menuju Embarkasi. Selanjutnya, mereka terbang ke Arab Saudi pada Selasa (28/6/2022).

Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Pangandaran Hilman Saefulloh mengatakan, sebanyak 185 calhaj Pangandaran masuk ke dalam kloter 34 bersama Bogor dan Ciamis.

”Dari Bogor sebanyak 133 jemaah dan Ciamis 106 jemaah,” katanya kepada Radar, Minggu (26/6/2022)

Menurut dia, koper jemaah haji sudah dikirimkan ke asrama haji pada Sabtu (25/6). ”Sudah dikumpulkan semuanya dan dikirimkan ke asrama haji pada malam harinya dan hari ini (kemarin) tinggal calon jemaah yang berangkat,” tuturnya.

Para calhaj dikumpulkan dulu di bumi perkemahaan Pamugaran dan diberangkatkan dari sana menuju Embarkasih. Mereka diperkirakan akan sampai pada Senin (27/6). ”Dan rencananya berangkat ke Arab Saudi pada tanggal 28 atau hari Selasa,” ucapnya.

Tahun ini Kabupaten Pangandaran memberangkatkan 185 calhaj setelah dua tahun vakum akibat Covid-19. Akan tetapi, ada 24 calhaj yang gagal berangkat dikarenakan berbagai alasan.

Menurut Hilman, dari 24 calhaj yang gagal berangkat, 23 di antaranya terbentur regulasi usia. ”Limit usia calon jemaah haji itu 65 tahun, kalau yang sudah lewat tidak bisa berangkat,” tuturnya.

Menurut dia, untuk yang satu orang lagi gagal berangkat karena kondisi kesehatan yang memburuk. ”Calon jemaah haji perempuan, suaminya berangkat, nah untuk kuota yang kosong itu diisi calon jemaah cadangan,” ujarnya.

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mengatakan jamaah haji yang bisa berangkat tahun ini hendaknya bersyukur, meski telah mengalami penundaan selama dua tahun karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia.

”Kalau sesuatu kesulitan kita sikapi dengan arif, sabar dan ikhlas saya yakin bencana akan teratasi. Alhamdulillah kalau kita bersabar indah pada waktunya,” katanya.

Kepala Kankemenag Kabupaten Pangandaran H Supriana menitipkan pesan kepada para jemaah haji agar mendoakan para pemimpin Kabupaten Pangandaran senantiasa diberikan kesehatan dalam mengemban tugas dalam rangka memajukan Pangandaran.

”Atas nama keluarga besar Kemenag menyampaikan terima kasih dan apresiasi bupati kepada penyelenggaraan ibadah haji,” ucapnya.

INTIP DAPUR KATERING DI JEDDAH

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menyiapkan layanan katering untuk jemaah haji Indonesia setibanya di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. Layanan ini disediakan di area kedatangan alias di terminal haji bandara Jeddah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: