Monyet Cagar Alam Masuk Hotel

Monyet Cagar Alam Masuk Hotel

Radartasik, PANGANDARAN – Monyet cagar alam Kabupaten Pangandaran kerap masuk ke pemukiman warga, sesekali mendatangi hotel-hotel.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Pangandaran Uking Iskandar mengatakan monyet dari cagar alam memang sering berkeliaran di Pantai Pangandaran.

”Memang ada yang habitatnya di cagar alam. Namun ada juga yang peliharan masyarakat, tapi disangkanya dari cagar alam,” tuturnya kepada Radar, Jumat (24/6/2022).

Dia tidak menyangkal jika monyet-monyet itu juga sering berkeliaran ke pemukiman warga.

”Ya kadang-kadang ada laporan kejadian seperti itu, mau monyet atau pun rusa yang lepas,” ujarnya.

Jika sudah sangat meresahkan dan tidak terkontrol, pihaknya meminta bantuan perbakin untuk melumpuhkan monyet itu.

”Kalau monyet cagar alam dijamin takut saat melihat senjata,” katanya.

Kebiasaan monyet cagar alam memang sudah sedikit berubah. Mereka lebih senang mencari makan di luar habitatnya karena sering diberi makan oleh wisatawan.

”Kebiasaan itu pula yang membuat mereka cari makan keluar,” tuturnya.

Dia meminta kepada masyarakat atau siapa pun yang melihat monyet yang meresahkan, untuk melapor ke BKSDA.

”Laporkan langsung, biar langsung ditangkap,” ujarnya.

Salah seorang warga Parigi Ihsan Rifai (31) melihat seekor monyet masuk ke sebuah hotel di Pantai Pangandaran pada Kamis (23/6).

”Semepet geger, tapi bisa langsung diusir,” katanya.
Dikutip dari wikiHow, monyet liar yang mencari makan di area pemukiman dapat menimbulkan masalah. Penting untuk mengetahui pencegahan yang tepat untuk menjauhkan monyet dari area pemukiman atau bahkan kediaman warga.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah monyet masuk ke permukiman, dikutip Radar dari wikiHow. Pertama, gunakan tempat sampah yang aman dan sulit dijamah oleh hewan liar. Salah satu alasan monyet masuk ke pemukiman warga adalah untuk mencari sumber makanan. Tempat sampah yang kurang tertutup dapat memberi akses yang mudah bagi monyet liar untuk mencari makanan di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: