Kanada Melarang Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Kanada Melarang Penggunaan Plastik Sekali Pakai

ilustrasi sampah plastik--Twitter

Radartasik, Pemerintah Kanada mengumumkan bahwa mereka akan melarang pembuatan dan impor plastik sekali pakai yang berbahaya dengan beberapa peraturan baru yang akan berlakukan pada bulan Desember.

 

Aturan baru akan berlaku untuk tas kasir, peralatan, produk layanan makanan dengan plastik yang sulit didaur ulang, wadah cincin, tongkat pengaduk dan sedotan dengan beberapa pengecualian menurut pengumuman pemerintah Kanada dalam rilisnya.

 

“Pemerintah kami terlibat dalam mengurangi polusi plastik … Itulah mengapa kami mengumumkan hari ini bahwa pemerintah kami memenuhi komitmennya untuk melarang plastik sekali pakai yang berbahaya,” kata menteri lingkungan Steven Guilbeault dalam konferensi pers.

 

“Ini adalah langkah bersejarah untuk mengalahkan polusi plastik dan menjaga komunitas, tanah dan lautan kita tetap bersih,” lanjutnya.

 

Penjualan barang-barang tersebut akan dilarang mulai Desember 2023, periode penyangga  dimaksudkan untuk memberi waktu kepada pelaku bisnis untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dan mengurangi pasokan yang ada.

 

Pemerintah juga akan melarang ekspor enam plastik pada akhir 2025.

 

Pemerintah federal mencantumkan plastik sebagai racun di bawah Undang-Undang Perlindungan Lingkungan Kanada tahun lalu, yang membuka jalan bagi peraturan baru tersebut. 

 

Sumber: al jazeera