7,6 Juta Benih Ikan Ditebar di Situ Bagendit

7,6 Juta Benih Ikan Ditebar di Situ Bagendit

Radartasik, GARUT – Polda Jawa Barat dan Polres Garut menebar 7,6 juta benih ikan air tawar di kawasan wisata Situ Bagendit Kecamatan Banyuresmi, Rabu (22/6/2022). Penebaran jutaan ekor benih ikan untuk memeringati HUT Bhayangkara ke-76 itu sekaligus memecah relor nasional Museum Rekor Indonesia (MURI).

Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana mengatakan, penebaran benih ikan di kawasan Situ Bagendit merupakan bentuk kepedulian Polri dalam menumbuhkan sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat.

“Kegiatan ini mudah-mudahan bisa menstimulasi pertumbuhan ekonomi masyarakat Garut dan tentunya Indonesia,” ujarnya.

Dengan penebaran benih ikan, Suntana berharap Situ Bagendit bisa menjadi sentra ekonomi, termasuk pariwisata yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Tinggal masyarakat menjaga ini, untuk kemajuan kita bersama,” terangnya.

Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono menambahkan, penebaran benih ikan di Objek Wisata Situ Bagendit sebagai upaya merestorasi ekosistem alam.

“Kita ingin dengan penebaran 7,6 juta ikan ini bisa merestorasi ekosistem air yang ada di Situ Bagendit,” terangnya.

Wirdhanto mengajak seluruh masyarakat selalu menjaga dan melestarikan objek wisata yang dapat berimplikasi terhadap peningkatan ekonomi di Kabupaten Garut.

“Kami berharap dengan adanya penebaran ikan, masyarakat bisa menjaga dan memanfaatkan potensi ikan di Situ Bagendit menjadi peningkatan ekonomi masyarakat,” terangnya.

Bupati Garut H Rudy Gunawan menyambut baik penebaran benih ikan di Situ Bagendit.

“Ini akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa, karena Bagendit ini dulu dijadikan mata pencaharian banyak orang. Mereka memancing, hasil pancingannya banyak, (kemudian) dijual ke orang,” ucapnya.

Rudy memaparkan, sejak dulu ikan yang berasal dari Situ Bagendit terkenal dengan rasanya yang lezat. Bahkan, hasil tangkapan ikan dari Situ Bagendit dijual ke beberapa daerah di Kabupaten Garut seperti di Kecamatan Wanaraja dan Garut Kota.

“Nah sekarang pun ini akan menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakat, dan ini adalah ide yang luar biasa. Kalau pariwisatanya kita ini terus dikembangkan,” katanya.

Ia menambahkan, penebaran 7,6 juta ekor benih ikan dapat memberikan harapan kepada masyarakat untuk memancing di Situ Bagendit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: