Diblokade di Kaliningrad, Rusia Ancam Lithuania

Diblokade di Kaliningrad, Rusia Ancam Lithuania

Radartasik, Nikolay Patrushev, kepala Dewan Keamanan Rusia mengatakan pembalasan Moskow terhadap "blokade" transportasi Lituania di Wilayah Kaliningrad akan secara serius mempengaruhi warga Lithuania.

“Tentu saja, Rusia akan menanggapi tindakan bermusuhan. Langkah-langkah yang tepat sedang dalam pengerjaan dan akan diterapkan dalam waktu dekat, ” kata Patrushev kepada wartawan selama perjalanan ke Kaliningrad.

Dia menambahkan bahwa konsekuensi dari tanggapan Moskow akan “memiliki dampak negatif yang serius pada rakyat Lituania.”

Wilayah Kaliningrad adalah bagian kecil Rusia yang terjepit di antara Polandia dan Lituania. Pada hari Sabtu (18/06/2022) lalu, operator kereta api nasional Lithuania melarang aliran barang di wilayah tersebut dan seluruh Rusia karena instruksi dari Komisi Eropa.

Moskow mengecam langkah itu tidak sah menurut hukum internasional dan memanggil duta besar Lituania.

Pada hari Selasa (21/06/2022) kemarin, Kementerian Luar Negeri memanggil utusan Uni Eropa untuk Rusia, Markus Ederer. "Kami menuntut agar fungsi normal transit Kaliningrad segera dipulihkan," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA:Pentagon Takut Jual Drone Ke Ukraina Karena Teknologi Canggihnya Bisa Jatuh Ke Tangan Rusia

Banyak negara, termasuk anggota UE memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap Moskow sebagai tanggapan atas serangan militer Rusia di Ukraina pada akhir Februari.

Josep Borrell, diplomat top Uni Eropa, membela langkah Lituania dan mengatakan mereka bertindak sesuai dengan mekanisme sanksi.

"Lituania tidak bersalah, karena menerapkan sanksi internasional," kata Borrell dikutip dari Russian Today.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today