404 Calon Jemaah Haji Diberangkatkan

404 Calon Jemaah Haji Diberangkatkan

Radartasik, GARUT – Pemerintah Kabupaten Garut bersama Kementerian Agama (Kemenag) Garut kembali melepas 404 calon jemaah haji gelombang kedua asal Kabupaten Garut.

Ratusan calon jemaah haji diberangkatkan menggunakan enam bus menuju embarkasi Bekasi sebelum diterbangkan ke Tanah Suci.

Pemberangkatan ratusan calon jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 24 ini dilepas Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman bersama Kemenag Garut di Sor Ciateul Kecamatan Tarogong Kidul, Senin (20/6/2022).

“Ini rombongan kedua yang diberangkat dengan total 404 orang,” terang Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman.

Helmi menyebutkan, total calon jemaah haji asal Garut yang berangkat ke tanah suci tahun ini sekitar 870 orang yang terbagi dalam tiga kloter.

“Kalau untuk rombongan ketiga nanti yang berangkat tanggal 30-an jumlahnya lebih sedikit dari ini,” terangnya.

Helmi berpesan agar para jemaah calon haji bisa menjaga kesehatan selama berada di tanah suci, dari mulai makanan, minuman, kemudian cari tempat-tempat yang yang nyaman kalau terpaksa harus keluar mengingat cuaca ekstrem di sana saat ini.

“Karena bisa saja karena seperti syok ya, jadi kita hindari lah yang seperti itu. Jangan sampai syok karena mungkin terlalu panas,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Garut Cece Hidayat menyatakan di tengah ancaman kondisi ekstrem cuaca panas di wilayah Arab Saudi, pihaknya meminta seluruh jemaah selalu menjaga kondisi kesehatan untuk tetap fit. “Lakukan olahraga ringan, banyak minum dan tentu senantiasa perbanyak ibadah selama di sana,” ujarnya.

Selain itu, di tengah minimnya petugas pendamping haji, Cece meminta seluruh jemaah haji asal Garut mampu menyesuaikan diri menjadi haji yang mandiri.

“Upayakan senantiasa saling mengingatkan, dan selalu mengetahui setiap instruksi yang disampaikan pembimbing haji di sana,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: