Serunya Berarung Jeram di Sungai Citanduy

Serunya Berarung Jeram di Sungai Citanduy

Radartasik, Ciamis - Para kepala desa se-Kecamatan Cihaurbeuti kompak menggeliatkan potensi wisata air di Sungai Citanduy dengan mengadakan arung jeram, Minggu (19/6/2022). Arung jeram ini secara perdana mencoba trek Sungai Citanduy di Kecamatan Cihaurbeuti.

Kepala Desa Cijulang Edang Hidayat ST mengatakan, arung jeram kali ini untuk mencoba trek Sungai Citanduy untuk meningkatkatkan potensi yang ada di empat desa. Di antaranya Cijulang, Sukasetia, Cihaurbeuti dan Sumberjaya.

“Jadi itu salah satu potensi alam yang ada di empat desa  memanfaatkan Sungai Citanduy untuk digunakan arung jeram,” ujar dia, menjelaskan.

Kata dia, pihaknya sudah merencanakan bersama empat desa bahwa ingin Sungai Citanduy menjadi destinasi wisata air baru di Ciamis. Karena, potensi yang bagus ini belum bisa dimanfaatkan dengan baik. Maka dari itu, pihaknya kompak untuk memaksimalkan potensi ini menjadi sumber peningkatan ekonomi masyarakat.

Kata Endang, Sungai Cidanduy yang akan menjadi destinasi wisata air ini melewati Desa Pasirtamiang, Sumberjaya, Sukasetia, Cijulang, Sukahaji, Sukamulya, Desa Cihaurbeuti, Desa Pamokolan dan Padamulya.

“Kami akan terus matangkan dengan para tokoh masyarakat, pemuda dan kades untuk penataan lahan parkir dan fasilitas lainnya,” paparnya.

Menurut dia, akses menuju Sungai Citanduy sudah ada dan tinggal dimaksimalkan lagi agar lebih representatif.

“Pada intinya perlu dilakaukan secara matang dan cermat dalam membuka destinasi wisata baru ini,” ujar dia, menjelaskan.

Ketua Ikatan Pemuda Cijulang (IPEC)  Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis Iman Saiman mengatakan, pihaknya menyambut baik langkah para kepala desa yang akan memanfaatkan potensi Sungai Citanduy sebagai destinasi wisata. Karena nantinya bisa menggeliatkan perekonomian di Cihaurbeuti.

“Tentunya kami sangat setuju dan mendukung sekali serta akan membantu para kades dalam menyukseskanya destinasi wisata air,” pungkasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: