Isak Tangis Pengantar, Lepas Jemaah Haji Ciamis

Isak Tangis Pengantar, Lepas Jemaah Haji Ciamis

Radartasik, Ciamis - Sebanyak 404 calon  jemaah haji asal Kabupaten Ciamis resmi diberangkatkan Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya ke embarkasi dari Aula Islamic Center Ciamis dengan diiringi isak tangis dari para pengantar, Sabtu (18/6/2022).

Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya mengatakan, para jemaah haji harus tetap menjaga kesehatan dan yang paling utama adalah tidak abai terhadap protokol kesehatan. “Seluruh jemaah haji dari seluruh dunia bergabung di sana dan kita harus selalu waspada dan tak boleh abai dengan protokol kesehatan,” ujar dia, menjelaskan.

Herdiat menjelaskan, selama dua tahun ini masyarakat di seluruh dunia khususnya termasuk Indonesia tidak dapat menjalankan ibadah haji akibat pandemi Covid-19. Untuk itu  para calon jemaah haji untuk senantiasa menjaga kekompakan dan saling membantu dalam pelaksanaan ibadah haji. 

“Jaga kekompakan kerukunan, jangan mementingkan diri sendiri, paling tidak saling mengecek dan saling mengingatkan,” kata dia, menambahkan. 
Lanjut dia, kemudian para calon jemaah haji juga harus senantiasa mematuhi instruksi dari para pembimbing dan saling mengecek sesama jemaah.

“Diimbau juga tidak membawa barang bawaan yang berlebih saat perjalanan. Patuhi apa yang telah ibu dapatkan dalam manasik haji dan patuhi apa saja yang diinstruksikan oleh pembimbing,” ucapnya. 

Ketua PPIH Kabupaten Ciamis KH Saeful Uyun menambahkan, jumlah calon jemaah haji keberangkatan pertama kloter 22 sebanyak 404 jemaah yeng terdiri dari 181 jemaah laki-laki dan 223 jemaah perempuan. 

“Untuk calon jemaah haji dengan usia termuda dari Kabupaten Ciamis yaitu berusia 26 tahun dari jemaah calon haji asal Sadananya, sedangkan jemaah calon haji yang tertua yaitu berusia 64 tahun 11 bulan 24 hari dari Rajadesa,” pungkasnya. (isr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jemaah haji berangkat ke emberkasi